Home » Artikel » Reportase » SPESIAL…! Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa CV. Rumah Mesin

SPESIAL…! Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa CV. Rumah Mesin

Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa

Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa – CV. Rumah Mesin sebagai salah satu Produsen Sekaligus Pusat Mesin Usaha di Indonesia, terus berupaya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan Pelatihan dengan Instansi Pemrintah, Masyarakat Desa maupun Kota, dan Masyarakat luas pada umumnya.

Untuk itu pada tanggal 14 November 2017 bertempat di workshop CV. Rumah Mesin diadakan Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa. Kegiatan tersebut diadakan atas kerjasama dengan Pemerintah Desa Dan BUMDES Ranggi Asam Dari Kepulauan Bangka Belitung.

Dengan beranggotakan 14 orang, terdiri dari Pemerintah Desa dan Kelompok Usaha datang dari Kepulauan Bangka Belitung ke Yogyakarta untuk mengikuti Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa di CV Rumah Mesin.

Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa ini diadakan untuk memberikan edukasi kepada dunia usaha tentang teknologi tepat guna dan teknik produksi yang baik.

Sehingga daiharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaku dunia usaha, semisal meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan produktivitas.

 

Proses Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa

Kegiatan ini terlaksana mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, diawali dengan penjelasan singkat mengenai proses produksi Minyak Goreng Kelapa.

Proses Penjelasan Awal

Kemudian dilanjutkan dengan praktek yang dilakukan Teknisi dan Tim Pelatihan dari kami dan juga para peserta Pelatihan Minyak Goreng Kelapa.

Praktek proses awal Pembuatan Minyak Goreng Kelapa dimulai dengan proses pencungkilan batok kelapa dengan Mesin Pencungkil Kelapa.

Proses Pencungkilan Kelapa

Setelah kelapa selesai dicungkil, kelapa pun mulai memasuki proses pemarutan dengan menggunakan Mesin Parut Kelapa.

Proses Pemarutan Kelapa

Peserta Pelatihan Minyak Goreng Kelapa mengikuti proses pelatihan dengan seksama dan juga menikmatinya dengan mencoba untuk mepraktekkannya langsung.

Dengan mencoba mempraktekkannya langsung diharapkan para peserta dapat menangkap ilmu dan teknik dengan lebih jelas dan baik.

Proses pun dilanjutkan dengan mencampurkan air yang sudah ditakar dengan hasil parutan tadi, supaya air santan yang dihasilkan nanti bagus.

Selanjutnya parutan kelapa yang sudah diberi air tadi diperas santannya menggunakan Mesin Peras Santan agar lebih efektif dan efisien.

Proses Pemerasan Santan

Santan yang sudah diperas tadi kemudian didiamkan agar minyaknya terpisah dari air, setelah itu minyak dipisahkan dengan air dan disimpan diwadah tersendiri.

Yang mana minyak tersebut akan dimasak menggunakan Mesin Pemasak Minyak Kelapa secara otomatis, sehingga lebih menghemat tenaga dan waktu.

Pada proses pemasakan minyak ini dilakukan penambahan zat kimia KOH ( Kalium Hidroksida ) yang mana berungsi untuk memisahkan gliserol ( sabun ) pada minyak.

Proses Pemasakan Minyak

Setelah minyak dimasak dan dipisahkan kandungan gliserolnya, minyak kemudian difiltrasi ( disaring ) dengan Mesin Filter Minyak Kelapa.

Proses ini dilakukan agar minyak menjadi lebih jernih dan juga memiliki ketahan waktu simpan yang sangat lama, yakni hingga 2 tahun.

Disela waktu istirahat, para peserta menyempatkan untuk melihat mesin-mesin Usaha kami lainnya sekaligus melihat proses produksi Mesin kami.

Pada akhir acara, dilakukan sesi foto bersama antara Tim Pelatihan dari CV. Rumah Mesin dengan para peserta dan juga Pemerintah Desa Ranggi Asam.

Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa

By |2017-11-16T10:58:40+00:00November 16th, 2017|Reportase|Komentar Dinonaktifkan pada SPESIAL…! Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa CV. Rumah Mesin

About the Author:

WhatsApp chat