Resep Nasi Jagung Ala Rumahan Yang Mudah Dibuat

Nah, penasaran kan apa yang dimaksud dengan yang namanya jagung dan nasi jagung, dan apa saja manfaatnya. Adapun resep nasi jagung / cara membuat nasi jagung ala rumahan anti gagal dan mudah dibuat dan ada juga lauk pauknya. Mari kita cek disini.

A. Jagung

Resep Nasi Jagung

Jagung adalah salah satu tanaman yang dapat dimakan yang menghasilkan karbohidrat yang ada diberbagai negara. Jagung juga merupakan jenis sayuran yang tidak jarang diolah untuk  dijadikan berbagai jenis masakan.

1. Sifat Biji Jagung

Jagung memiliki sifat biji yang beraneka ragam. Berdasarkan ciri-ciri bijinya, ada beberapa kelompok kultivar (sekelompok tumbuhan) jagung yaitu:

  1. Tunicata (Podcorn, jagung bersisik, merupakan kelompok kultivar yang dianggap sangat primitif)
  2. Indentata (Dent, jagung gigi-kuda)
  3. Indurata (Flint, jagung mutiara)
  4. Saccharata (Sweet, jagung manis)
  5. Everta (Popcorn, jagung berondong)
  6. Amylacea (Floury corn, jagung tepung
  7. Glutinosa (Sticky/glutinuous corn, jagung ketan

2. Jenis Jenis Benih Jagung di Indonesia

Jagung merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dimakan dan tidak jarang ditanam oleh petani. Jagung telah  berhasil menjadi komoditas perdagangan diberbagai negara, semua negara bersaing meningkatkan pembuatannya untuk memenuhi permintaan industrinya. Salah satu caranya yaitu menggunakan benih jagung yang unggul berguna untuk mendapatkan penghasilan panen yang melimpah. Berdasarkan pengamatan, jagung dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu:

  • Jagung Lokal. Jagung lokal adalah jagung yang ditanam oleh petani pada zaman dulu.  Keunggulan jenis jagung lokal adalah usianya yang tidak terlalu lama, tahan dengan hama penyakit, tidak menimbulkan ketergantungan dan bisa ditanam secara berulang-ulang. Kekurangan jagung lokal adalah kapasitas produksi rendah, kurang lebih 3-5 ton per hektar. Adapun macam-macam jagung lokal yaitu: Arjuna, Bisma, Joster, Sukma raga, Goter, Kretek, Gajah mas, Genjah rante, dan sebagainya.
  • Jagung Hibrida. Jagung hibrida adalah jagung yang prosesnya dengan menggunakan cara pemuliaan dan penyilangan antara jagung induk jantan dan jagung induk betina sehingga menghasilkan jagung jenis baru yang mempunyai sifat keunggulan dari kedua induk tersebut. Keunggulan jagung hibrida adalah kapasitas produksinya yang tinggi, kurang lebih 8-12 ton per hektar. Kekurangan jagung hibrida adalah yang harga jagungnya mahal antara 20 kali sampai 40 kali lipat dari harga jagung konsumsi, dan dapat menimbulkan ketergantungan bagi petani karena jagung yang tidak bisa ditanam lagi. Macam-macam jagung hibrida yaitu: Pioner, BISI, NK, DK, dan sebagainya.
  • Jagung Transgenik. Jagung transgenik adalah jagung yang pemrosesannya dengan menggunakan cara menyisipkan gen dari makhluk hidup/ non-makhluk hidup yang hasilnya masih bisa diharapkan bisa tahan penyakit, tahan hama/ tahan obat kimia, sehingga tanaman tadi menjadi tanaman super. Keunggulan jagung transgenik adalah yang kapasitas pembuatannya besar, kurang lebih 8-10 ton per hektar, tahan penyakit, tahan hama dan tahan obat kimia. Kekurangannya adalah bibit jagungnya harus beli di toko karena tidak bisa diproduksi oleh petani,kemungkinan menimbulkan hama penyakit baru yang lebih kebal obat-obatan kimia, kemungkinan menimbulkan penyakit  baru bagi ternak dan manusia, dan menimbulkan kerusakan pada tanah. Macam-macam jagung transgenik yaitu: jagung BT, jagung terminator, jagung RR-GA21, jagung RR-NK608, dan sebagainya.

3. Cara Bercocok Tanam

Jagung memerlukan cahaya matahari langsung dan air secukupnya untuk bertumbuh. Penanaman benih jagung dilakukan dengan cara tangan menggunakan tugal berguna untuk melubangi tanah. Kebutuhan hara jagung dikenal cukup besar dan dipenuhi melalui pemupukan. Selain memerlukan pupuk organik sebagai pupuk dasar, jagung memerlukan masukan nitrogen, fosfat, dan kalium untuk pertumbuhan dan penghasilan yang tinggi.

B. Nasi Jagung

Resep Nasi Jagung

Nasi jagung adalah suatu makanan khusus Indonesia yang terbuat dari jagung. Nasi jagung mempunyai rasa khusus yang gurih dan nikmat. Untuk merontokkan jagung selain dengan manual menggunakan tangan, juga dilakukan dengan simpel menggunakan mesin perontok jagung.

Manfaat Nasi Jagung

a. Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu faktor penting sebagai sumber energi tubuh kita. Macam-macam karbohidrat yang terdapat di dalam nasi jagung adalah karbohidrat kompleks sehingga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

b. Mengandung Serat

Nasi jagung mengandung banyak akan serat. Serat dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

c. Kaya Protein

Pembentukan otot dan tulang kuat sangat dipengaruhi oleh asupan protein dan salah satu bahan makanan yang mengandung protein. Manfaat nasi jagung untuk kesehatan lainnya adalah kandungan kalsium, fosfor dan magnesium di dalam nasi jagung yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

d. Menurunkan Kolesterol LDL

Jagung mempunyai kandungan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Tiga kandungan tadi sangat bermanfaat untuk  menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi nasi jagung bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Nasi jagung juga bermanfaat mengurangi kolesterol di dalam tubuh.

e. Jagung Memiliki Sifat Antikanker

Kanker adalah penyakit yang mematikan. cara pencegahannya adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan mempunyai sifat antikanker seperti nasi jagung. Beberapa penelitian membuktikan kandungan antioksidan yang ada di dalam nasi jangung bisa berguna untuk melawan kanker.

f. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nasi jagung mengandung  vitamin A. Vitamin A dapat bermanfaat untuk melindungi kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

g. Mencegah Anemia

Nasi Jagung dapat membantu mencegah terjadinya anemia, karena dapat membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

h. Aman Untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi makanan yang berbahan dasar jagung bisa membantu mengatasi diabetes karena terdapat fitokimia dalam jagung yang dapat membantu mengatur absorbsi dan pelepasan insulin di dalam tubuh.

i. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat nasi jagung untuk kesehatan lainnya ialah kandungan kalsium, fosfor dan magnesium di dalam nasi jagung dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

j. Mencegah Penyakit Alzheimer

Nasi jagung mempunyai kandungan Vitamin B1 atau Thiamine yang berperan penting supaya otak bisa bekerja dengan normal sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara.

k. Meningkatkan Kesehatan Mata

Nasi jagung mempunyai kandungan zat Karotenoid yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula yakni penurunan penglihatan di pusat garis mata. Beta Karoten dapat membantu memproduksi Vitamin A sehingga mendukung penglihatan menjadi lebih baik.

l. Merawat Kesehatan Kulit

Warna kuning dalam nasi jagung merupakan sumber beto-karoten yang membentuk Vitamin A sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C dan Likopen adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit yang dikarenakan oleh radiasi UV.

Baca Juga : Resep Nasi Kebuli dengan Mudah, Praktis dan Enak

Gizi Dalam Nasi Jagung

Nasi Jagung mempunyai nilai gizi lebih tinggi dibandingkan nasi beras. Nasi Jagung banyak mengandung akan vitamin A, B1, B6, B12, C dan E, mineral (Folat, Kalsium, Fosfor, Natrium, Zink) dan serat. Gizi paling tinggi terkandung adalah Magnesium (Mg). Mengkonsumsi Magnesium membantu mengurangi penyakit diabetes dan darah tinggi.

Cara Membuat Nasi Jagung Serta Lauk Pauknya

Resep Nasi Jagung

1. Cara Membuat Nasi Jagung:

Bahan yang diperlukan dalam membuat nasi jagung yaitu:

  • 250 gram jagung yang sudah ditumbuk
  • 150 gram beras putih
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)

Cara membuatnya yaitu:

  1. Cucilah beras putih dan jagung yang sudah ditumbuk tadi hingga bersih, lalu tiriskanlah.
  2. Rendamlah jagung yang sudah ditumbuk tadi bersama beras putih dan garam menggunakan air yang sudah disediakan. Kemudian rebuslah campuran beras putih dan jagung yang sudah ditumbuk tadi hingga air habis meresap, setelah air habis meresap lalu segera diangkat.
  3. Masukkan nasi jagung ke dalam kukusan/ panci kukus yang sebelumnya telah dipanaskan. Proses pengukusan ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Siramlah nasi jagung tersebut menggunakan santan hangat, kemudian melanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.

2. Cara Membuat Bakwan Jagung:

Bahan-bahan untuk membuat bakwan jagung yaitu:

  • Tepung terigu sebanyak 100 gram
  • Jagung sebanyak 6 bonggol yang telah diserut kasar
  • Telur sejumlah 1 butir yang telah dikocok
  • Udang sejumlah 15 ekor yang sudah dikupas kulitnya
  • Daun bawang sejumlah 2 batang yang telah diiris-iris
  • Daun seledri sejumlah 4 batang yang telah diiris-iris
  • Garam sebanyak ½ sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok teh
  • Air bersih sebanyak 150 ml
  • Minyak sayur sebanyak 350 ml
  • Kencur sepanjang 2 cm
  • Cabai merah sejumlah 3 buah
  • Bawang merah sejumlah 4 siung
  • Bawang putih sejumlah 4 siung
  • Daun jeruk sejumlah 2 lembar

Cara Membuatnya yaitu:

  1. Haluskan kencur, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk hingga menjadi bumbu yang halus.
  2. Campurkan bumbu halus yang sudah dihaluskan tadi dengan tepung terigu dan air. Kemudian aduk hingga rata.
  3. Tambahkan jagung yang sudah diserut kasar tadi, telur yang sudah dikocok, udang, daun bawang daun seledri yang sudah diiris-iris, garam, dan gula pasir. Aduklah hingga semua bahan rata.
  4. Panaskan minyak goreng, setelah panas masukkan adonan bakwan jagung dengan dituang menggunakan sendok. Goreng hingga matang, setelah matang angkat dan tiriskan.

3. Cara Membuat Sayur Lodeh Tahu Tempe:

Bahan-bahan untuk membuat sayur lodeh tahu tempe yaitu:

  • Bawang merah sejumlah 6 siung
  • Bawang putih sejumlah 4 siung
  • Kunyit sepanjang 2 cm
  • Terasi  sebanyak ½ sendok teh
  • Kemiri sejumlah 5 buah
  • Tahu sebanyak 200 gram yang sudah dipotong menyerupai dadu
  • Tempe sebanyak 200 gram yang sudah dipotong menyerupai dadu
  • Cabai rawit utuh sejumlah 10 buah
  • Lengkuas sepanjang 4 cm
  • Udang sebanyak 1 sendok makan
  • Minyak goreng sebanyak 4 sendok makan
  • Air bersih sebanyak 150 ml
  • Santan kental sebanyak 400 ml
  • Garam halus sebanyak 1 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok teh
  • Daun salam sejumlah 3 lembar

Cara membuatnya yaitu:

  1. Buatlah bumbu halus dari campuran bawang merah, bawang putih, kunyit, terasi, kemiri, dan lengkuas.
  2. Masaklah air dengan tambahan garam, gula pasir, dan daun salam.
  3. Sementara itu, tumis bumbu halus hingga keluar aroma yang wangi. Kemudian tambahkan udang rebon, tahu, dan tempe. Aduk hingga rata, kemuadian masukkan ke dalam rebusan air.
  4. Masukkan cabai rawit, lanjutkan memasak hingga airnya mendidih.
  5. Tuangkan santan sembari diaduk-aduk hingga matang sempurna. Setelah matang diangkat.

4. Cara Membuat Urap:

Bahan-bahan untuk membuat urap yaitu:

  • Kelapa sebanyak ½ butir yang telah diparut
  • Daun singkong sebanyak 12 batang
  • Kacang panjang sebanyak 10 batang
  • Tauge sebanyak 100 gram
  • Daun pisang secukupnya
  • Cabai rawit sejumlah 5 buah
  • Cabai merah sejumlah 4 buah
  • Bawang putih sejumlah 7 buah
  • Bawang merah sejumlah 6 buah
  • Terasi sebanyak ½ sendok teh
  • Kencur sepanjang 1 ruas jari
  • Daun jeruk sejumlah 3 lembar
  • Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
  • Garam sebanyak 1 sendok teh

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Sayuran tadi direbus satu persatu secara bergantian.
  2. Daun singkong yang sudah direbus, kemudian diremas-remas dan diiris halus.
  3. Buatlah bumbu halus dari campuran cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, terasi, kencur, daun jeruk, gula pasir, dan garam. Campurkan bumbu halus yang sudah dibuat tadi dengan kelapa parut. Kemudian bungkus dengan menggunakan daun pisang. Kemudian dikukus kurang lebih 15 menit.
  4. Setelah matang, campurkan dengan sayur-sayuran seperti daun singkong, kacang panjang, dan tauge.

5. Cara Membuat Ikan Asin Goreng Tepung:

Bahan-bahan untuk membuat ikan asin goreng tepung yaitu:

  • Ikan asin bulu ayam sebanyak 100 gram
  • Kemiri sejumlah 5 buah
  • Bawang putih sejumlah 5 siung
  • Ketumbar sebanyak ½ sendok teh
  • Kunyit sepanjang 3 cm
  • Tepung beras sebanyak 150 gram
  • Air bersih sebanyak 100 ml
  • Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
  • Garam halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Buatlah bumbu halus dari campuran kemiri, bawang putih, ketumbar, kunyit, gula pasir, dan garam. Kemudian campurkan dengan tepung beras dan beri air sembari diaduk-aduk hingga rata.
  2. Masukkan ikan asin satu demi satu, Kemudian goreng dengan menggunakan minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya.
  3. Setelah matang dan kering, segera angkat dan tiriskan.

6. Cara Membuat Sambal Terasi:

Bahan-bahan untuk membuat sambal terasi yaitu:

  • Cabai merah sejumlah 3 buah
  • Cabai rawit sebanyak 20 buah
  • Minyak goreng sebanyak 4 sendok makan
  • Garam halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Terasi yang telah dibakar sebanyak 1 sendok teh

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Goreng cabai merah, cabai rawit, dan terasi. Angkatlah dan tiriskan sebentar, Kemudian haluskan dengan ditambah garam.
  2. Panaskan minyak goreng, kemudian masak bumbu yang telah dihaluskan tadi. Aduklah hingga rata, setelah matang disisihkan terlebih dahulu.

7. Cara Membuat Tumis Pepaya Muda:

Bahan-bahan untuk membuat tumis pepaya muda yaitu:

  • 250 gram pepaya muda, rajang memanjang, remas dengan 2 setengah sendok makan garam hingga lentur, cuci bersih, tiriskan.
  • 30 gram udang, cuci bersih, tiriskan
  • 1 papan petai, kupas, belah menjadi dua
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 buah cabe merah besar, iris tipis
  • 3 lembar daun salam
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 setengah sendok teh garam
  • 2 setengah sendok teh gula
  • 5 buah cabe rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Cabe rawit, bawang merah dan bawang putih dihaluskan, setelah halus tumis  dengan daun salam dan lengkuas hingga wangi.
  2. Masukkan udang, tumis rata.
  3. Masukkan pepaya muda, tumis terus hingga bumbu meresap dan tercampur secara rata.
  4. Tunggu hingga matang, sesudah matang diangkat.

8. Cara Membuat Ayam Serundeng:

Bahan-bahan untuk membuat ayam serundeng yaitu:

  • 1 kg daging ayam, potong jadi 10 bagian
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 cm lengkuas
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • kelapa parut, dari satu buah kelapa
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 1 setengah sendok teh garam
  • 1 setengah sendok teh gula jawa
  • 2 setengah sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 3 siung bawang merah
  • 500 ml air
  • 6 siung bawang putih
  • penyedap masakan secukupnya

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Cuci bersih ayam lalu rebus hingga matang, tiriskan.
  2. Haluskan jahe, kunyit, garam, gula jawa, ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa secukupnya.
  3. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan batang serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas, aduk hingga merata. Tuang air masak sampai mendidih.
  4. Masukkan daging ayam kemudian ungkep bersama bumbu hingga air menyusut.
  5.  Masukkan parutan kelapa. Masak hingga air asat. Angkat.
  6.  Goreng ayam dan serundeng hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  7. Setelah semua bahan matang, hidangkan nasi jagung di atas piring saji dengan tambahan lauk pauknya bakwan jagung, sayur lodeh tempe tahu, ikan asin goreng tepung ,sambal terasi, tumis pepaya muda dan ayam serundeng.

 

Demikian resep nasi jagung dan lauk pauk ala rumahan yang mudah dibuat di rumah. Semoga bermanfaat bagi kita yang membaca. Selamat mencoba…

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •