Sabut kelapa untuk tanaman

Pada kesempataan kali ini saya akan menjelaskan berbagai manfaat sabut kelapa untuk tanaman!

Table of Contents

Adapun Petani Bercocok Tanaman Menggunakan Sabut Kelapa Untuk Tanaman Seperti:

Sabut Kelapa Untuk  Tanam Bunga

sabut kelapa untuk tanaman

Sabut merupakan bagian luar dari sebuah kelapa.Sabut yang merupakan serat-serat kasar dari buah kelapa tua . sabut yaitu kulit dari buah kelapa yang hanya kita tumpuk dibawah tegakan tanaman kelapa lalu dibiarkan membusuk atau kering. Pemanfaatannya paling banyak hanyalah untuk kayu bakar.

Secara sederhana, masyarakat pada umumnya telah mengolah sabut untuk dijadikan kerajinan ataupun pupuk pertanian. Padahal sabut masih memiliki nilai devinisi yang cukup baik . Sabut kelapa jika kita urai akan berubah dan menghasilkan pupuk atau serat sabut (cocofibre) dan serbuk sabut (cococoir). Namun produk inti dari sabut yaitu serat sabut. Dari produk cocofibre akan menghasilan sebuah berbagai aneka macam produk yang manfaatnya sangat luar biasa. Di beberapa belahan dunia termasuk Indonesia sabut kelapa di olah menjadi pupuk tanaman dan lainya.

Baca Juga : Kegunaan Kelapa Sawit Sebagai Energi dari Alam yang Sangat Berguna

Adapun Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman Bunga Anggrek Bagi Kehidupan

1. Sebagai Penghilang Stress

kebanyakan dari pendapat para tenaga medis kedokteran, membudidayakan tanaman bunga anggrek maupun bunga lain sebagai tanaman hias yang dapat membantu untuk mengurangi stress pada pemikiran seseorang. bunga yang indah dan aroma yang terpancar dari bunga ini dapat meningkatkan reflek relaksasi serta memberikan ketenangan dan kedamaian bagi siapapun yang melihat.

2. Dapat Digunakan Sebagai Tonik Panjang Umur

Warga negara jepang dan cina, memanfaatkan bunga anggrek jenis Dendrobium biasa di manfaatkan sebagai ramuan tonik dan teh herbal dan produk kecantikan yang mereka campurkan dengan akar licorice. inilah beberapa tujuan dari mengkomsumsi ramuan herbal yang bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

Sebagai penyalur energi penyembuhan ke seluruh bagian tubuh manusia, membantu melembabkan, mencerahkan ,menyehatkan kulit dan mencegah kekeringan pada kulit bersisik, pelepas oksigen pada saat terjadi polusi karena asap yang menyebabkan paru-paru maupun saluran udara dalam tubuh kita terasa kering serta meningkatnya rasa haus. Hal ini akan membantu mengatasi dehidrasi.

Dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti perut kembung,demam, dan anoreksia,sakit perut, kram, serta muntah-muntah, mengobati gangguan seksual seperti impotensi, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan terjadinya infeksi dan membantu mengatasi gangguan pada penglihatan, retina yang terinfeksi

3. Mengatasi Gangguan Saraf dan Fungsi Otak

Anggrek jenis Cypripedium, merupakan salah satu spesies anggrek di mana bagian akarnya mengandung minyak atsiri, resin, tanin, gula, pati, serta komponen lainnya yang berguna dalam penyembuhan berbagai macam gangguan penyakit. Penyakit itu seperti iritabilitas pada bagian saraf, histeria, kejang, gangguan fungsi otak seperti gangguan jiwa dan delirium.

4. Dapat Membantu Mengobati Sakit Gigi dan Telinga

Anggrek ungu merupakan salah satu spesies anggrek yang memiliki akar dengan kandungan senyawa kimia yang mampu menyembuhkan sakit gigi serta penyakit telinga.

5. Menyembuhkan Demam dan Nyeri Sendi

Inilah manfaat bunga anggrek bagi kehidupan manusia terutama jenis anggrek ungu, biasa di gunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan bisul. Pasta dari daun hootieriana vanda gunakan sebagai obat herbal untuk kita dapat menyembuhkan nyeri pada sendi..

Mencangkok Buah Menggunakan Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Sabut kelapa untuk tanaman

Sabut kelapa untuk tanaman juga dapat kita jadikan sebagai medikal pencangkokan tanaman.Cangkok merupakan salah satu cara tumbuhan berkembang biak secara vegetatif buatan manusia. Mencangkok merupakan kegiatan memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong dahan tumbuhan pada induknya. Lalu bagian itu dibungkus dengan menggunakan sebuah cocopeat dan diikat menggunakan plastik dan dilubangi kecil-kecil sebagai sirklus udara.

Manfaat mencangkok dengan sabut kelapa untuk tanaman

1.Tumbuhan hasil dari cangkokan akan lebih cepat tumbuh di bandingkan tumbuhan yang di tanam dari sebuah biji.
2. Tumbuhan yang kita cangkok akan memiliki kesamaan seperti induknya.
3. Tingkat keberhasilannya 78%, karena pada proses ini kita mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon induk.

Sabut Kelapa Untuk Tanaman Hidroponik

sabut kelapa untuk tanaman

Sabut kelapa untuk media jenis tanaman hidroponik merupakan bentuk tanaman yang menggunakan sistem bertanam menggunakan air sebagai cara bertahan.bercocok tanaman hidroponik ini sangatlah populer di kalangan perkotaan sehingga banyak masyarakat yang meminatinya karena praktis dan cepat .bertanam tanaman hidroponik ini bisa juga kita menggunakan cocopeat sbagai pengganti tanah.

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman Hidroponik

1.Praktis
2.Menghemat lahan pertanian
3.Menambah kesegaran rumah

Pada saat pengolahan kulit kelapa menjadi serbuk sabut kelapa akan menghasilkan limbah yang berupa butiran-butiran kecil yang di sebut sebagai cocopeat .Selain digunakan untuk bahan pengganti tanah Cocopeat banyak digunakan untuk kebutuhan pertani buah sebagai media pencangkokan tanaman dan juga sebagai media tanam karena memiliki daya serap terhadap air yang tinggi.

Sebenarnya cocopeat sangatlah mudah kita dapatkan dan dipasarkan, Namun karena di produksi oleh industri yang sudah moderen dan sangat canggih alatnya, Seperti  mesin pengolahan serabut kelapa maka tentu saja harga jualnya relatif sangat mahal sekali.

Selain itu, Terkadang sangat sulit untuk kita mendapatkan sebuah serbuk serabut kelapa atau cocopeat yang sudah jadi di toko pertanian, ataupun jika cocopeat di pesan secara onlen pun ongkos kirimnya juga belum sebanding dengan harga cocopeat perkilonya.

Kelebihan dan Kekuranggan Menggunakan Sabut Kelapa Untuk Tanamaan
Kelebihan Cocopeat

Sebagai media kita bercocok tanam hias dan pupuk pertanian pertanian, cocopeat memiliki kelebihan yang sangat bermanfaat bagi para pekebun, yang pada dasarnya merupakan sifat alami dari sebuah bahan pembuatnya, yaitu sabut kelapa. Kelebihan tersebut adalah:

1. Sangat Mudah Menyerap dan Menyimpan air

Sehingga cocopeat dipilih menjadi media berocok tanaman. sabut kelapa memiliki daya serap terhadap air yang sangat tinggi dan dapat menyimpan air dalam jumlah yang cukup banyak, yaitu 10 kali lipat dari pada jumlah air yang mampu disimpan oleh tanah.

2. Memiliki Pori-Pori

Adanya pori-pori pada media tanam sangat penting agar proses pertukaran udara berjalan dengan baik. dari pada itu, pori-pori yang banyak memudahkan cahaya sinar matahari untuk masuk memberobos menerpa akar tanaman dan kemudian masuk dan di serap dengan mudah.

3. Mengandung Trichoderma molds

Trichoderma molds, yaitu sejenis enzim yang berupa jamur,yang berfungsi untuk mengurangi bakteri di dalam tanah yang menyerang akar tanaman sehingga tanaman mati.Maka sebab itu , jika di gunakan dengan tanah, cocopeat akan membantu menjaga tanah kita agar tetap gembur dan subur.

4. Memiliki Tekstur yang Menyerupai Tanah

Bentuk dan tekstur cocopeat menyerupai dengan tanah. Butiran serbuknya yang berukuran sangat halus membuat tanaman dapat beradaptasi dengan cepat dan mudah berkembang, karena tidak jauh berbeda dengan jika ditanam media tanah.

5. Ramah Lingkungan

sabut berasal dari bahan organik yang begitu ramah lingkungan. Jika sudah tidak memiliki sebuah fungsi lagi sebaiknya cocopeat dapat dibuang dan akan terdegradasi dengan baik secara alami dalam tanah. Dengan melalui beberapa langkah pemprosesan dengan beberapa cara tertentu, cocopeat juga dapat di daur ulang menjadi media tanam baru .

6. Lebih Tahan Hama

Hama merupakan sebuah binatang yang sangat meruggikan untuk tanaman,sehingga menjadi salah satu musuh besar tanaman, terutama tanaman hias. Hama tidak hanya tinggal di batang ataupun daun di bagian tanaman kita melainkan biasa tinggal didalam tanah tempat tanaman berkembang dan bertumbuh.

Mengganti media tanah dengan sabut kelapa atau bisa disebut dengan cocopeat mampu melindungai tanaman kita dari serangan hama dengan lebih baik. cocopeat bukanlah keadaan lingkkungan yang baik bagi beberapa jenis serangga atau hama yang berasal dari sebuah tanah.

7. Mudah Digunakan

Karena memilik karakter bentuk dan tekstur yang sangat mirip dengan tanah, cocopeat sangat cocok oleh para pemula seperti kita yang baru akan mulai belajar menanam tanaman secara hidroponik. Saat pertama kali menanam, cocopeat sangat mudah digunakan.

8. Memperbaiki Kualitas Bibit Tanaman

Cocopeat merupakan ide dari sebuah usaha untuk tanaman hias, sayur, dan kulturjaringan yang sangat baik. Penggunaannya cocopeat sangat terbukti ampuh dalam menaikan produksi dan kualitas bibit, yaitu bibit menjadi lebih kuat dan penakarannya lebih lebat.

9. Lebih Menguntungkan

Bagi para pengusaha tanaman dan lahan pertanian, cocopeat sangatlah menghasilkan profit keuntungan yang besar salah satu tujuannya. Penggunaan cocopeat sebagai media pengganti tanah untuk tanam kita akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Selain tanaman bisa tumbuh secara baik,bagus dan sehat, proses pemeliharaan juga menjadi jauh lebih efisien, karena cocopeat dapat menghemat pemakaian dari air dan pupuk.

Meskipun Memiliki Banyak Kelebihan,Serbuk Sabut Kelapa Atau Cocopeat Juga Memiliki Beberapa Kelemahan :

1. Tidak Steril dari Pathogen

Meskipun sabut kelapa atau Cocopeat tidak cocok untuk kita gunakan sebagai penangkal serangga dan hama sebaiknya sebelum penggunakan Cocopeat harus bersih terlebih dahulu dengan mencucinya dan mengeringkannya.

2.Tidak Serasi dengan Tanaman yang Tidak Suka Basah

Krena Cocopeat dapat untuk menampung banyak ungsur air dan lebih lama maka media tanam ini sebaiknya tidak kita gunakan untuk menanam tanaman dengan akar yang tidak menyukai kondisi basah seperti tanaman kol / brokoli.

3. Tidak Mengandung Unsur Hara atau Inert

Meskipun kita tau bahwa bentuk dan tekstur cocopeat sangatlah mirip dengan tanah,Namun Cocopeat ini tidak mengandung unsur hara apapun sehingga sangat cocok sebagai media tanam, perlu untuk kita tambahkan larutan nutrisi dan suplemen yang mendukung pertumbuhan tanaman.

Adapun Cara Pembuatan Cocopeat

1.Siapkan serabut kelapa

2.Pisahkan serabut kelapa dari kulit menggunakan tangan dengan hanya menarik serabutnya saja

3.Gunting serabut kelapa hingga kecil-kecil sehinga menjadi butiran halus seperti serbuk

4.Serbuk serabut kelapa atau cocopeat siap di gunakan

Nah selain sebagai seruk serat kelapa atau cocopeat, Sabut kelapa juga bisa kita jadikan kerajinan pot wadah untuk tanaman hias

Kerajinan Pot Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Sabut kelapa untuk tanaman merupakan kelapa yang sudah kita kering dan dapat untuk bahan kerajinan pot gantung untuk tanaman hias yang bagus ketika melihatnya.

Serabut kelapa memiliki daya serap air yang luar biasa sehingga tanaman yang berakar serabut mudah tumbuh jika di tanam serabut kelapa.serabut kelapa sangatlah mudah di dapatkan di pasaran, di toko online dan apabila ingin, kita bisa membuatnya sendiri menggunakan alat dan srabut kelapa dan alat sederhana yaitu

Alat:

  • Pisau
  • Gunting
  • Gunting besar
  • Bor

Bahan:

  • Serat kelapa
  • Tali untuk menggantung pot

Cara Pembuatan Sabut Kelapa untuk Tanaman :

Ambil sabut kelapa yang kering , gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar kupasan sabut tetap terjalin. Jika didaerah para penduduk desa sabut kelapa ini sudah dipisahkan secara tradisional menggunakan linggis sehingga bentuk berubah sedemikaina rupa sehingga kupasan sabut kelapa masih terjalin.Lembarkan sabut kepapa dan potonglah bagian atasnya dengan menggunakan pisau besar. Sehingga diperoleh bentuk yang indah dan bagus .Sabut kelapa di potong 1/4 bagian pada bagian atas Sabut kelapa dipotong 1/4 bagian pada bagian atas.

Tandai bagian bawah dan atas menggunakan spidol atau bolpoin pada setiap belahan, bagian ini akan di bor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot.
Borlah dengan hati -hati pada bagian yang sudah di beri tandai.
Talikan pada setiap lubang bor sabut kelapa sehingga setiap belahan sabut dapat menyatu.
.Pot dari serat serabut kelapa pun sudah bisa di gunakan untuk bercocok tanam.

Manfaat dari kerajinan pot dari serat serabut kelapa yaitu:

  • Menambah penghasilan
  • Penyejuk mata
  • Dapat membuat suasana rumah menjadi lebih indah dari biasanya
  • Mengurangi limba
  • Menjaga lingkungan
  • Membuat kita menjadi lebih kreatif
  • Selain Kegunaanya Untuk Brcocok Tanam , Serabut Kelapa Juga Sering Di jadikan Sebagai
    Bantal dan Guling

Sabut kelapa untuk tanaman juga di manfaatkan sebagai pembuatan jok sepeda motor, matras, bisa juga sebagai arang, pupuk organik, dan juga untuk pengisi bantal ini. Kita harus tau nih, meskipun sabut kelapamemiliki tekstur yang kasar ,, tapi dengan beberapa tahapan pengolahan yang meliputi bleaching, softening, dan drying, sabut kelapa yang kasar itu bisa berubah jadi punya tekstur yang lembut hampir sama seperti woll atau benang.

Sehingga pada sekarang ini sabut kelapa ini sering banget dijadikan sebagai bahan baku tali, anyaman, keset, matras, dan tempat duduk kendaraan . Karena dari sabut kelapa inilah kita bisa memperoleh serat matras, dan sekam. Serat matras bisa digunakan sebagai isi dari tempatduduk kendaraan, penyaring, dan matras. Serat sabut kelapa bisa digunakan untuk sikat , sapu, dan juga keset. Sementara sekamnya bisa digunakan sebagai media tanam dan pupuk kalium.

Cara Pembuatan Guling dan Bantal Dari Serabut Kelapa Yaitu:

  1. Serabut kelapa di rendam 3hari untuk memisahkan serbuk kelapa dengan serat kelapa
  2. Proses penghancuran serat kelapa
  3. Serat kelapa di keringkan
  4. Kemudian membentuk sesuai dengan bentuk bantal
  5. Setelah itu di sarungkan karung guling yang sesuai

Kerajinan Boneka

Sabut kelapa untuk tanaman bisa di jadikan kerajinan boneka .ini hampir sama dengan pembuatan guling hanya saja pembuatan ini sering di gunaan untuk mainan anak kecil yang sedang aktiv dalam dunia sekarang ini.

Cara Pembuatan Yaitu:

  1. Pemisahan serbuk serat kelapa
  2. Bentuk serat kelapa menjai boneka
  3. Ikal dengan benang sehingga mementuk semacam hewan.
  4. Tambahkan mata dan hiasan lainya sebagai hiasan
    Keset Sabut Kelapa

Sabut kelapa untuk tanaman bisa menjadi keset dengan cara menganyamnya sesuai benuk. kerajinan ini amatlah menguntungkan selain bahannya mudah untuk pembuatanya juga sederhana dengan keahliantenaga kerja dan kreativitas dari manusia.

Adapun Cara Pembuatanya Yaitu:

Peralatan dan Bahan

  • Sabut Kelapa
  • Palu
  • Pusau/Gunting besar

Proses Pembuatan

  1. Siapkan tiang anyaman
  2. Abut tali yang akan di jadikaan alur untuk dianyam.
  3. Anyamlah seperti menenun, masukkan dari atas, di tata sejajar sampai semua tersisi penuh.
  4. Setiap kali dapat satu baris,repatkan sabut kelapa dengan di pukul-pukul dari atas agar keset penuh & kuat.
  5. Kemudian rapikan dengan pisau/gunting sisa-sisa sabut kelapa.

Keuntungan Bisnis Sabut Kelapa :

Negara Indonesia merupakan penghasil kelapa terbesar seasia, sabut kelapa kering di buang begitu saja. Mungkin hanya para pelaku usahawan pembuatan bata dan genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa sebagai bahan produksi pembuatan. Tersebut untuk proses pembakaran.Apakah sabut kelapa hanya bisa di jadikan sebagai bahan bakar untuk memasak? tentu saja tidak, sabut kelapa tidak hanya di bakar namun bisa sebagai bahan pertanian dan kerajinan pembuatan batu bata, genteng saja? Tentu tidak
Para pengerajin telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk diubah menjadi barang yang berguna seperti yang diterangkan diatas.sehingga menjadi peluang devinisi untuk diri sendiri dan membuat beragam kreativitas mulai dari bahan yang sering dianggap tidak berguna oleh masyarakat setempat.

sekian penjelasan artikel tentang berbagai manfaat sabut kelapa untuk tanaman.Bila ada kekuranggan dalam saya menjelaskan, saya mohon maaf wassalamuallaikum warohmatullahi wabarokatu.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •