Cara Membuat Arum Manis – Masih ingatkah Anda dengan jenis makanan yang lembutnya menyerupai kapas? Makanan itu dikenal dengan nama arum manis. Pada era 1990-an jajanan ini sangat mudah ditemui.

Arum manis atau yang dikenal dengan nama lain gulali memiliki banyak macam jenis mulai dari yang tradisonal sampai yang sudah dikemas semakin modern.

Cara membuat arum manis yang pertama terbuat dari gula jawa dengan warnanya yang cokelat kehitaman dengan ditusuk dengan kayu atau bambu. Tekstur dari gulali ini persis seperti permen lollipop dengan tekstur agar lengket karena memang bahannya yang terbuat langsung dari gula yang diolah.

Cara membuat arum manis yang kedua yaitu berasal dari campuran tepung terigu. Cara membuat arum manis ini yaitu dengan menarik-narik adonan dari gula tersebut hingga berbentuk seperti benang atau rambut, sehingga jenis ini disebut rambut nenek.

Kenapa rambut nenek? karena bentuknya yang sama seperti rambut manusia pada umumnya dan agak acak-acakan seperti rambut nenek yang sudah tua.

Konon, warga Tiongkok menyebutnya dengan sebutan jenggot seekor naga. Jenis lainnya dari arum manis yang hampir sama memiliki tekstur yang lembut adalah benang peri (Fairy Floss) atau di Indonesia dikenal dengan nama permen kapas (cotton candy).

Arum manis jenis ini pembuatannya menggunakan mesin yang sudah modern yang nantinya ketika mesin tersebut berputar akan menghasilkan serat-serat gula halus dan berbentuk seperti kapas jika dikumpulkan.

Panganan manis ini pertama kali mulai dikenal oleh masyarakat luar negeri sekitar tahun 1904 tepatnya di Kota St. Louis, Amerika Serikat. Memiliki warna yang menarik (warna warni) dan rasanya yang manis karena bahan baku utamanya adalah gula membuat arum manis tak asing lagi di kalangan masyarakat.

Dengan rasanya yang manis dan bentuknya yang lembut seperti kapas membuatnya cukup banyak digemari oleh anak-anak hingga kalangan orang dewasa.

Uniknya, ketika Anda makan makanan tersebut, maka akan meleleh dan terasa sensasi lengket dimulut karena memang bahannya berasal dari gula murni. Arum manis yang bersifat higroskopis akan menjadi keras dan kasar ketika terkena udara secara langsung.

Jenis camilan yang terbuat dari bahan gula yang diberi pewarna makanan ini biasanya banyak dijual di pinggir jalan yang ramai seperti taman bermain anak-anak dan pasar malam.

Peluang Bisnis Arum Manis

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, arum manis dapat dijadikan salah satu peluang bisnis yang dapat Anda kemas dengan bentuk dan kreasi Anda sendiri yang tentunya akan menarik minat para pembeli untuk mencobanya.

Dengan harga yang terjangkau sehingga sasaran konsumen bisa dari masyarakat dari kalangan menengah atas maupun kalangan menengah  ke bawah.

cara membuat arum manis

Cukup banyak yang sudah melirik bahkan sudah menggeluti bisnis arum manis ini, sehingga persaingan juga semakin ketat, ada yang memilih untuk langsung menjajakannya dengan berkeliling dan ada juga yang menitipkannya di toko maupun swalayan besar.

Namun tidak perlu khawatir karena panganan ini banyak digemari masyarakat, Anda dapat menjualnya di tempat-tempat yang memang ramai di kunjungi dan Anda juga dapat menjalin kerja sama untuk membuka layanan pembuatan arum manis dalam sebuah acara-acara tertentu misalnya seperti ulang tahun pada anak-anak, acara pernikahan sebagai pemanis setelah jamuan makan, dll.

Jika Anda berminat untuk membuat panganan manis ini di rumah, Anda dapat mencoba resep sederhana ini karena pembuatannya terbilang mudah, namun memang dibutuhkan keuletan dan keterampilan untuk menggunakan mesinnya jika Anda hendak membuat arum manis jenis kapas atau cotton candy.

Bahan utama yang digunakan juga sangat sederhana yaitu gula pasir yang bisa Anda dapatkan di warung maupun swalayan mana saja.

Jika Anda hendak mengkonsumsi arum manis ini sendiri maupun di jual pada konsumen, gunakan bahan yang memang aman dan alami untuk kesehatan. Hal ini dilakukan juga untuk menjaga standar kualitas dari produk yang Anda jual nantinya.

Dari segi bahan Anda tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan modal besar, namun Anda perlu menyediakan mesin produksi untuk pembuatan arum manis dengan harga yang memang relatif cukup mahal untuk jenis arum manis kapas (cotton candy).

Sekilas tentang mesin pembuat arum manis kapas (cotton candy), dalam mesin pembuat arum manis ini pada bagian tengahnya terdapat sebuah wadah berukuran kecil yang nanti didalamnya akan dimasukkan gula dan pewarna makanan agar warnanya lebih menarik.


Pada bagian tepian wadah tersebut akan mencairkan gula yang sudah dimasukkan karena panas yang dihantarkan pada alat tersebut.

Kemudian Anda diminta untuk memutar melalui lubang-lubang yang kecil dan gula yang yang sudah berbentuk seperti benang tersebut dikumpulkan dalam sebuah wadah, agar lebih memudahkan dalam Anda memutar gula tersebut bias digunakan kertas karton yang dibentuk kerucut.

Cara Membuat Arum Manis

Cara #1

Alat dan Bahan Arum Manis (Bentuk Permen kapas/cotton candy):

  • Mesin untuk membuat arum manis.
  • Stick yang terbuat dari bambu (untuk menggulung arum manis).
  • Gula pasir putih sebagai bahan utamanya sekitar 1 kg.
  • Asam citrum 1 sdm.
  • ¬ĺ atau 100 ml air matang.
  • Pewarna makanan (sesuai dengan selera).

Cara Pembuatan Arum Manis :

  1. Campur gula dengan pewarna makanan yang sudah Anda sediakan sesuai dengan keinginan Anda, kemudian diaduk hingga rata.
  2. Panaskan mesin pembuat arum manis.
  3. Jika gula dan pewarna sudah tercampur dengan rata, lalu masukkan ke dalam mesin yang sudah dipanaskan dan tunggu beberapa menit agar serabut gula keluar fdari mesin tersebut.
  4. Gulung dengan gerakan memutar serabut gula dengan stick bambu, sesuaikan sengan ukuran yang Anda inginkan.
  5. Jika sudah terbentuk, bungkuslah dalam plastik agar tidak terpapar udara secara langsung yang membuatnya akan mengeras.

Cara #2

Bahan Arum Manis (Bentuk Rambut Nenek) :

  • Gula pasir putih 1kg.
  • Tepung terigu ¬ľ kg.
  • Minyak goring ¬ľ lit.er

Cara Pembuatan Arum Manis :

  1. Masaklah gula dengan air sesuai selera (bisa gunakan 1 gayung) sampai berbusa dan mengental.
  2. Tepung terigu juga dimasak bersama dengan minyak yang sudah disediakan hingga berwarna kecoklatan. Jika sudah matang dinginkan terlebih dahulu.
  3. Kemudian bolak-balik rebusan gula dengan spatula hingga membentuk adonan jangan sampai mengeras.
  4. Siapkan meja dengan kayu ditengah meja dan diberi alas seng, kemudian tepung terigu yang sudah dimasak tadi ditaburkan ke atas seng.
  5. Jika sudah diratakan, adonan bisa Anda letakkan diatas meja yang sebelumnya sudah diolesi tepung terigu dan minyak yang sudah dimasak tadi. Buatlah lubang seperti donat dan masukkan dalam kayu penopang lalu ditarik (disarankan gula masih dalam keadaan hangat).
  6. Tariklah gula secara terus-menerus dengan tenaga yang cukup kuat agar nantinya gula tersebut berubah menjadi lembaran yang bentuknya seperti rambut.

Cara #3

Bahan Arum Manis :

  • Gula pasir murni 500 gram.
  • Air secukupnya sekitar 125ml.
  • Minyak goring 1 sdm.
  • Tepung terigu 200 gram.
  • Pewarna makanan (sesuai selera).

Cara Pembuatan Arum Manis :

  1. Silahkan tuangkan minyak goring yang sudah disiapkan ke dalam wajan, panaskan.
  2. Kemudian silahkan masukkan tepung terigu hingga berubah warna menjadi coklat.
  3. Letakkan tepung terigu yang sudah disangrai tadi di atas loyang, kemudia ratakan dan sisihkan.
  4. Gula pasir, air, dan pewarna masukkan kedalam wajan, lalu masak hingga mendidih sampai gula benar-benar larut.
  5. Jika sudah terlarut, angkat wajan dan diamkan sesaat agar adonan gula mengental tapi tidak sampai mengeras.
  6. Tuangkan gula tersebut di atas tepung terigu, lalu Tarik-tarik terus adonan hingga berbentuk rambut.

Cara #4

Bahan Arum Manis (Lollipop Gula Jawa) :

  • Gula jawa yang sudah dihaluskan 500 gram.
  • Air secukupnya sekitar 125 ml.
  • Kacang tanah yang sudah dipotong atau ditumbuk kasar (sesuai selera).
  • Tusukan sate.

Cara Membuat Arum Manis

  1. Pertama, masukkan gula merah dan air ke dalam sebuah wajan yang kemudian diaduk sampai gula dan air tercampu dengan rata.
  2. Nyalakan kompor dengan api sedang kemudian taruh wajan diatas api.
  3. Aduk adonan hingga mendidih, selanjutnya masukkan kacang yang sudah dipotong atau di tumbuk kasar tadi kemudian aduk sampai merata.
  4. Jika air dalam adonan tersebut sudah sedikit berkurang, angkatlah wajan lalu diamkan adonan sampai mulai mengental.
  5. Jika adonan tersebut sudah mengental, celupkan tusuk sate ke dalam adonan lalu ambil arum manisnya dipuatr-putar agar berbentuk agak bulan seperti lollipop.
  6. Arum manis siap dinikmati. Jika Anda hendak menyimpan dalam waktu yang cukup lama, Anda dapat membungkus arum manis yang sudah ditusuk dan dibentuk tersebut dengan plastik dan kemudian simpan dalam toples.
WhatsApp chat