Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri yang Enak dan Lezat

Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri yang Enak dan Lezat

Terima kasih telah berkunjung keartikel kami pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri yang Enak dan Lezat. Yang pada sebelumnya saya telah membuat artikel tentang resep bakso goreng ayam.

Sebelum lanjut ke artikel cara membuat bakso ikan tengiri atau ke inti pembahasan alangkah baiknya kita juga tahu apa itu ikan tengiri serta kandungan yang terdapat pada ikan tengiri.

Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri

cara membuat bakso ikan tengiri

Apa Itu Ikan Tengiri

Ikan Tenggiri merupakan nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung. Ikan Tenggiri sangat banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Ikan tenggiri memiliki tubuh memanjang, memipih lumayan kuat pada sisi-sisinya, telanjang tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya (bidang corselet tidak jelas). Bentuknya moncong atau meruncing, dengan mulut lebar dan gigi-gigi yang tajam dan kuat di rahang atas dan bawah. Panjang moncong (snout length) lebih pendek daripada sisa kepala bagian belakang.

Sirip yang berada di punggung dalam dua berkas, yang depan dengan XIII – XXII jari-jari keras (duri). Serta sirip punggung dan sirip anal diikuti oleh banyak sirip kecil tambahan (finlet). Tenggiri Melayu (Scomberomorus commerson), spesies yang terbesar, dapat mencapai panjang 220 cm, meski kebanyakan kurang dari 1 m saja. Tenggiri merupakan ikan pelagis yang kerap berenang menggerombol dalam kelompok kecil, tidak jauh dari pantai.

Sejarah Ikan Tengiri

Ikan tenggiri adalah termasuk golongan ikan pelagis dan salah satu ikan berdaging putih yang disukai oleh masyarakat dunia, disebabkan oleh rasa dan baunya khas. Ikan ini termasuk dalam marga Scomberomorus dengan famili Scombridae yang juga masih kerabat dekat dengan ikan tuna, ikan tongkol, ikan madidihang, dan ikan kembung.

Ikan ternggiri juga dikenal pula dengan nama sapnish mackerel, namun nama tersebut berbeda-beda di setiap daerah. Orang india menyebutnya ikan anjai, di Filipina lebih dikenal dengan nama dillis, dan di Thailand akrab dengan istilah ikan thuinsi.

Mereka banyak ditemukan di perairan beriklim sedang dan tropis, sebagian besar tinggal di sepanjang pantai atau laut lepas. Banyak spesies dibatasi dalam rentang distribusi mereka dan hidup dalam populasi yang terpisah atau stok ikan berdasarkan geografi.

Di Indonesia ikan tenggiri paling banyak ditemukan di Gorontalo.Ukuran ikan tenggiri dapat mencapai panjang 240 cm dengan berat 70 kg. Usia dewasa akan tercapai setelah rentan waktu hidup 2 tahunatau ketika memiliki panjang 81 – 82 cm. Ikan tenggiri betina ukurannya dapat lebih besar dan usianya lebih panjang dibanding tenggiri jantan. Dikatakan bahwa ikan tenggiri betina dapat hidup selama 11 tahun.

Manfaat Ikan Tenggiri bagi Kesehatan

cara membuat bakso ikan tengiri

Ikan tenggiri sudah lama dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dan manfaat yang diberikan oleh ikan ini sudah terbukti. Bagi Anda yang sudah lama menjadikan ikan tenggiri sebagai lauk pelengkap makan nasi maka lanjutkanlah kebiasaan yang sehat ini. Berikut ulasan mengenai manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan tubuh :

1. Mengatasi Depresi

Depresi merupakan masalah yang berhubungan dengan jiwa seseorang. Depresi bisa disebabkan karena faktor dari luar seperti tekanan dan faktor dari dalam. Mengatasi depresi bisa dibilang susah – susah gampang. Depresi yang dibiarkan terlalu lama dapat mepengaruhi fisik dan mental seseorang.

Jadi untuk mengatasi depresi dalam skala yang masih ringan dapat dilakukan dengan mengonsumsi ikan tenggiri. Dagingnya yang lezat dan empuk ini berguna untuk mengobati perasaan hati Anda menjadi lebih tenang dan tanpa beban.

2. Kanker

Kanker merupakan pertumbuhan sel dalam tubuh yang tidak terkendali. Dalam beberapa kasus kanker memang sulit terdeteksi. Biasanya setelah memasuki stadium akhir kanker bisa diketahui dari rasa sakit yang terasa. Penyakit kanker ini merupakan pembunuh nomor dua didunia.

Untuk mencegah kanker bisa dilakukan dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat. Contoh makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi dari ikan adalah ikan tenggiri. Ikan ini bisa diolah dengan cara digulai maupun digoreng sesuai dengan selera penikmat.

3. Kecerdasan

Kecerdasan adalah poin penting dalam mengarungi kehidupan ini. Dengan kecerdasan kita dapat melakukan hal – hal baru dan menantang yang ingin dilakukan. Kecerdasan dimulai dari masa kehamilan seorang ibu hingga masa pertumbuhan.

Itu sebabnya banyak ibu hamil dianjurkan mengonsumsi ikan karena ikan mengandung omega 3 yang baik untuk kecerdasan dan menghindari kecacatan pada bayi. Ikan tenggiri juga mengandung omega 3 sehingga baik diberikan sebagai sambal bagi anak yang berada pada masa pertumbuhan. Usia pertumbuhan seorang anak berkisar dari 3 sampai dengan 10 tahun. Dengan memberikan gizi yang cukup bagi anak maka pertumbuhan seorang anak menjadi optimal.

4. Pencernaan Sehat

Sistem pencernaan yang sehat ditandai dengan terbebas dari sembelit. Pencernaan yang sehat bisa didapatkan dengan mengosumsi ikan tenggiri. Jadi kesehatan pencernaan sangat bergantung dari makanan yang masuk pada sistem pencernaan. Jika makanan yang kaya akan serat dapat membantu mengatasi pencernaan yang kurang sehat. Karena permulaan suatu penyakit bisa disebabkan juga dari sistem pencernaan yang terganggu.

5. Menghilangkan Ketombe

Masalah kulit yang sangat menganggu adalah ketombe. Ketombe berwarna  putih dan menyebabkan gatal – gatal pada kulit kepala. Jika jumlahnya sangat banyak kadang ketombe akan tampak di bahu baju anda sebagai serpihan putih. Hal ini tentu sangat menganggu karena mengurangi rasa percaya diri Anda.

Untuk menghilangkan ketombe pada rambut maka menggunakan ikan tongkol dengan cara mengeringkan ikan tongkol kemudian giling dagingnya hingga halus. Tambahkan lidah buaya dan aduk hingga rata. Setelah itu balurkan kesemua rambut dan tunggu hingga 30 menit. Setelah itu baru dibilas hingga bersih. Penggunaannya dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

6. Kolesterol

Kolesterol tidak selamanya membawa dampak yang negatif pada tubuh. Beberapa kolesterol justru bermanfaat bagi tubuh dan juga menjaga kesehatan jantung. Ini terjadi selama kadar kolesterol didalam darah normal. Beda hal jika kadar kolesterol didalam darah menjadi naik.

Maka kolesterol bisa mengakibatkan berbagai komplikasi bagi masalah kesehatan. Beberapa makanan yang kaya akan lemak tak jenuh dapat mengakibatkan kadar kolesterol naik. Contonya adalah jeroan dan daging yang digulai dengan santan. Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan kadar kolesterol yang tinggi ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan tersebut.

Gantilah kebiasaan Anda makan makanan yang kaya lemak jenuh tersebut dengan ikan. Ikan tenggiri dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh Anda.

7. Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indera yang besar manfaatnya bagi kesehatan mata. Mata adalah jendela dunia dan sangat berharga. Betapa kita bersyukur dianugerahi kesehatan mata. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Contoh makanan yang sehat untuk mata adalah makanan yang megandung vitamin A. Ikan tenggiri baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin a didalam dagingnya. Selain dari ikan tenggiri beberapa buah dan sayiran yang bisa dikonsumsi secara langsung  juga dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan mata antara lain tomat, rimbang dan wortel. Ini karena buah tersebut mengandung vitamin A yang cukup.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang tinggi bisa diukur dengan mengecek kadar tekanan darah didalam tubuh. Beberapa orang memiliki riwayat keluarga penderita darah tinggi. Untuk faktor genetik ini diharapkan berhati – hati karena faktor ini dapat meningkatkan resiko terkena darah tinggi jika tidak membiasakan pola hidup yang sehat.

Selain itu tekanan darah yang tinggi memicu komplikasi pada anggota tubuh yang lainnya dan yang paling fatal adalah kematian. Banyak kasus yang menceritakan bagaimana tekanan darah yang tinggi didalam tubuh merenggut kehidupan dengan mengakibatkan stroke, gagal jantung dan jantung koroner.

Setelah mengetahui pentingnya untuk mejaga tekanan darah didalam tubuh mulailah konsumsi lauk yang dapat membantu Anda untuk menjaga tekanan darah. Salah satu lauk yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah adalah ikan tenggiri. Ikan yang hidup dilaut lepas ini kaya akan manfaat dan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Gizi

1. Kandungan Omega 3

Sudah bukan rahasia lagi kalau omega 3 yang terkandung pada ikan, termasuk tenggiri mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Mengkonsumsinya dua kali seminggu bisa meningkatkan fungsi dan kesehatan otak.

Selain itu, ikan tenggiri juga membantu mencegah penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung. Sebab, omega 3 bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuannya dan menyehatkan jantung.Kandungan DHA pada ikan tenggiri juga bisa memperkuat janin serta menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi yang baru lahir.

2. Ikan Mengandung Protein

100 gram ikan tenggiri mengandung protein yang lebih tinggi dibanding pada kacang-kacangan. Kandungannya setara pada daging dan telur. Protein asam amino pada ikan tenggiri mudah dicerna tubuh. Protein tersebut juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak.

3. Ikan Mengandung Mineral

Kandungan mineral pada ikan tenggiri, yakni zat besi, fosfor, zinc, selenium serta yodium. Zat besi berfungsi mencegah anemia, selenium melindungi tubuh dari radikal bebas, sementara zinc dan yodium membantu kinerja hormon serta enzim. Yodium juga dapat mencegah penyakit gondok.

4. Ikan Mengandung Kalori

Kalori pada ikan tenggiri, apabila dikonsumsi dalam bentuk siomay atau pempek akan bertambah sampai 500 kkal. Kalori yang cukup tinggi serta mudah dicerna membuat ikan tenggiri bisa menjadi menu diet sehat.

5. Ikan Memiliki Kolesterol

Kolesterol yang terkandung dalam ikan tenggiri tergolong cukup rendah. Tapi, tetap saja Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan untuk mengantisipasi agar kadar kolesterol tidak tinggi.

Manfaat Bakso

1. Bakso dapat Mengatur Suhu Tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik. Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Bakso dapat Membawa Oksigen Keseluruh Tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Bakso dapat Membantu Pembentukan Hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Ikan Dapat Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

6. Ikan dapat Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri

Bahan – Bahan Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri

  • 250 g fillet daging tenggiri
  • 3 sdm munjung tepung tapioka atau sagu tani
  • 1 butir telur (putih telur)
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • secukupnya air es untuk menggiling daging tenggiri
  • Secukupnya penyedap jamur

Langkah Langkah Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri

  1. Campurkan ikan yang sudah didinginkan semalaman dan sudah dihaluskan dengan bumbu halus dan beri tambahan gula, merica, dan garam.
  2. Terakhir tambahkan putih telur dan tepung tapioka, aduk rata
  3. Adonan tidak terlalu basah dan tidak terlalu kalis, bentuknya masih seperti hasil gilingan ikan
  4. Kemudian masukkan kulkas bagian bawah selama 10 menit agar adonan dingin, selanjutnya dengan bantuan 2 buah sendok, bentuk bulat-bulat bakso, dan masukkan kedalam air mendidih,
  5. Tunggu bakso mengapung dan matang, lakukan berulang-ulang sampai adonan habis.
  6. Siap dipakai untuk tambahan berbagai masakan.

Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri

Bahan Bahan Cara Membuat Bakso Ikan Tengiri

  • 250 gram ikan tenggiri
  • 400 gram tepung kanji
  • 3 siung bawang putih
  • garam, lada bubuk, dan penyedap rasa secukupnya
  • air

Langkah Langkah Cara Membuat  Bakso Ikan Tengiri

  1. Cuci ikan sampai bersih dan buang durinya.
  2. Haluskan ikan.
  3. Haluskan bawang putih dan garam lalu campur dengan daging ikan.
  4. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni.
  5. Masukkan lada bubuk, penyedap rasa, dan air.
  6. Uleni adonan sampai bisa dibentuk bulatan-bulatan bakso.
  7. Didihkan air dan masukkan bakso.
  8. Masak sampai bakso mengapung. Angkat dan sajikan dengan kuah kaldu dan bahan pelengkap lainnya.

Nah, mudah kan kalian bisa coba sendiri dirumah jika kalian suka dengan cara membuat bakso ikan tengiri ini jangan lupa untuk share kepada adik, kakak, sodara, ayah, ibu, kakek, nenek, teman teman kalian semua ataupun orang yang anda kenal agar cara membuat bakso ikan tengiri ini bisa dirasakan dan bisa dibuat oleh semua orang.

kemungkinan itu saja yang bisa saya sampaikan jika ada sepatah dua kata yang tidak berkenan mohon dimaklumi dan di maafkan. Terima kasih telah berkunjung keartikel kami semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

By |2019-11-16T14:38:33+07:00November 16th, 2019|

About the Author: