Cara Membuat Permen Lollipop Unik, Manis Dan Enak

Cara Membuat Permen Lollipop

Cara membuat permen lollipop sangatlah mudah.Kalian bisa melihatnya dalam artikel ini. Kalian pasti taukan,dengan permen yang memilik bentuk dan warnanya yang sangat menarik ini,saya akan menuliskan Resep Cara Membuat Permen Lollipop ya nama permennya ini adalah lollipop.artikel saya kali ini saya ingin memberitahu kalian semua.

 Permen Lolipop

Cara Membuat Permen Lollipop

Lolipop adalah permen gula terfavorit yang sudah ada sejak zaman dulu. Asal usul cara membuat permen lolipop menduga berasal dari cara manusia purba untuk mengumpulkan madu dengan menggunakan tongkat.  Mereka kemudian mengonsumsi madu yang telah berhasil mereka kumpulkan langsung dari tongkat tersebut.

Cikal bakal permen lolipop yang lebih modern memperkirakan menemukan pada masa kebudayaan arab,cina dan mesir kuno. cara membuat permen lollipop saat itu masyarakat mereka membuat “permen” dengan cara mencampur buah-buahan atau kacang-kacangan.  dengan madu kemudian menusuk dengan tangkai agar lebih mudah menikmati.

Penggunaan tongkat atau batang pendek ini sudah mengunakan oleh masyarakat zaman Batu untuk mengambil madu dari sarang lebah.  Masyarakat zaman Batu yang menjilati madu dari tongkat tersebut kemudian menganggap sebagai awal mula permen lolipop.

Sedangkan pada masyarakat Mesir kuno, permen lolipop memakan dengan cara mencampurkan kacang-kacangan, buah, dan rempah-rempah.  pada madu yang kemudian membuat menjadi berbentuk bola-bola kecil.  Bola-bola kecil ini kemudian tusuk menggunakan tongkat pendek dan memmakan dengan cara menjilat.

dalam buku Foog For Thought (Extraordinary Little Chronicles Of The World) menyebutkan bahwa George Smith Dari Connecticut lah yang pertama kali menciptakan dan memberi nama lolli pop pada tahun 1908.cara membuat permen lollipop George Smith mendapat inspirasi nama lolli pop dari nama kuda kesayangannya yang juga bernama lolli pop.

Sumber lain mengatakan bahwa kata lollipop berasal dari Bahasa Romawi yang berhubungan dengan tradisi orang-orang roma yang sering menjual permen apel yang diberi tangkai dan biasa disebut toffee apples.dan red appels dalam Bahasa romawi berarti loli phaba.

Sejarah Permen Lollipop Di Indonesia

Siapa sih yang tidak kenal yang namanya permen lolipop? Yaa,cara membuat permen lollipop Semua orang sudah tahu dengan rasanya yang enak dan beraneka ragam serta dengan warna-warni seperti pelangi .yang membuat anak-anak atau pun orang dewasa juga tertarik untuk menikmatinya, karena dari segi penampilannya yang menarik.

Karena permen lolipop sudah populer khususnya  Indonesia ini mungkin sebagian orang bertanya-tanya dari mana sih, asal mula permen lolipop itu? Nah disini barokah ngr akan membahas cara membuat permen lolipop,Dari Sumber yang lainnya mencatat, pada tahun 1908 di Racine, Wisconsin, menemukan mesin produksi lollipop oleh Racine Confectionary Machine Company. Mesin ini menciptakan untuk memudahkan permen yang sangat  keras itu ‘mentempelkan’ ke ujung stick.

Gelar sebagai produsen lollipop secara massal itu memegang oleh The Racine Confectionary Company, sampai pada tahun 1912 menemukan sebuah mesin yang dapat memasukkan stick ke dalam permen secara otomatis. cara membuat permen lollipop Mesin ini menciptakan oleh seorang penguaha bernama Samuel Born. Kota San Fransisco sangat mengagumi inovasi ini.

sampai-sampai Born (yang merupakan orang Rusia) memberi izin untuk ke San Fransisco tahun 1916 (padahal saat itu Amerika-Rusia sedang perang dunia).Saat ini, beberapa produsen permen modern, seperti Spangler Candy Company bisa memproduksi tiga juta lollipop per hari.

Dari sejarah atas kemudian permen lolipop terus berkembang sampai mendunia dan sampai ke indonesia,Di Indonesia sampai sekarang ini banyak sekali yang menjual dan memproduksi permen lollipop,Nah itulah sejarah singkat tentang permen lollipop.

Cara Membuat Permen Lollipop

Perkembagaan Permen Lollipop

Asal-usul cara membuat permen lolipop menduga berasal dari cara manusia purba untuk mengumpulkanmadu dengan menggunakan tongkat. Mereka kemudian mengkonsumsi madu yang telah berhasil mengkumpulkan langsung dari tongkat tersebut.

Pada abad pertengahan di Eropa, gula adalah barang impor yang sangat mahal, dan hanya bisa mengkonsumsi oleh orang-orang kaya saja. Agar permen ini bisa menikmati lebih lama maka seorang dari eropa mempunyai inisiatif dengan menggunakan “GULA” gula ini yang. Nanti akan diolah menjadi permen.

Baca juga Resep Makanan Dari Umbi Umbian Yang Baik Dikonsumsi dan Manfaatnya.

Negara Inggris, agar permen-permen lebih mudah memakan, mereka menggunakan stick (sunduk) dari sinilah permen lolipop mulai terbentuk. Pada awal tahun 1905, McAviney Candy Company (sekarang sudah ditutup) mungkin yang mengawali sejarah produksi lolipop. Pemiliknya membuat permen dan mengaduknya dengan menggunakan stick.

dalam buku menyebutkan bahwa “Food For Thought (Extraordinary Little Chronicles of The World)”, menyebutkan bahwa George Smith dari Connecticut-lah yang pertama kali menciptakan (dan memberi nama) Lolly Pop pada tahun 1908.

Orang-orang inggris kemudian menambahkan tangkai pada permen agar permen-permen tersebut lebih mudah menikmati.pada awal tahun 1905, McAviney Candy Company (sekarang sudah ditutup) mengawali sejarah produksi permen bertangkai.pemiliknya membuat permen dan mengaduknya dengan menggunakan sebuah tangkai.

Perkembanan permen lolli pop sebenernya dimulai pada awal abad 20 sejak ditemukannya mesin pebuatan permen. McAviney Candy Company membuat permen padat panas yang diaduk dengan tangkai.cara membuat permen lollipop Awalnya,mesin ini hanya mampu membuat 40 permen lollipop per jam.pada tahun 1908 oleh Racine,Wisconsin,menemukan mesin produksi permen lolli pop oleh Racine Confectionary machine.

Cara Membuat Permen Lollipop

Macam-macam Nama Lollipop

1.George Smith

George Smith adalah seorang pembuat permen Connecticut. Ia pernah menaruh karamel dan cokelat pada sebuah tongkat kecil.Dari sana,cara membuat permen lollipop ia mendapat ide untuk membuat permen keras yang menempel ke tongkat kecil. permen itu ia namai Lolly Pop.Menurut perkiraan, kata lolipop pertama kali digunakan pada pertengahan tahun 1780-an. Saat itu, kata lolipop menggunakan untuk menyebut permen yang tidak lengket.

O iya, tanggal 20 Juli menjadikan sebagai Hari Lolipop Nasional.Saat itu, George Smith memperkenalkan permen bertekstur lunak yang ditusukkan pada stik kayu buatannya kepada publik.cara membuat permen lollipop Permen buatan itu ternyata laku keras di pasaran.Sejak saat itu, permen lollipop mulai menggenal dan digemari oleh masyarakat.Saking terkenalnya, pada 1931, George Smith mendaftarkan lollipop sebagai merek permen buatannya.

2.Cotton Candy

Cotton candy adalah salah satu jenis permen yang punya tekstur lembut,cukup terkenal, karena selalu ada di sebuah festival.O iya, lolipop juga ada yang rasa cotton candy, lo! Bahkan,cara membuat permen lolipop rasanya sangat terkenal dan meggemari banyak orang.permen jenis Cotton Candy ini juga bisa membuat menggunakan mesin arumanis Bentuknya yang beraneka ragam, penuh warna-warni, teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis.

menjadikan manisan ini disukai oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.bahkan benua biru, usaha pembuatan gula kapas ini telah melakukan oleh banyak orang sejak era tahun 1400an yang berbahan air tebu. Kala itu teknik yang digunakan sedikit berbahaya karena membentuknya bawah bara api, hingga abad ke 18 setelah terciptanya industri gula pasir, pembuatan cotton candy menjadi lebih mudah dan cepat.

Semakin majunya industri permesinan, menjadikan pembuatan gula kapas bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis, cukup 2-3 menit, gumpalan gula kapas telah bisa membentuk dan menyantap oleh konsumen. Lalu apa saja yang mesti mempersiapkan untuk membangun usaha kecil pembuat kembang gula.

3.Dum Dum’s

Di Amerika, ada satu lolipop bernama Dum Dum’s. Lolipop ini sangat terkenal karena ada dua rasa dalamnya.Lapisan terluar adalah rasa pertama, lapisan terdalam adalah rasa kedua. cara membuat permen lollipop Namun, kita tidak tahu rasa apa yang ada lapisan terdalam. Unik, kan?

Dum Dums berasal dari Akron Candy Company di Bellevue, Ohio, pada tahun 1924. IC Bahr, manajer penjualan awal perusahaan, menamai mereka, mengira “Dum Dums” adalah rasa yang dapat mengucapkan oleh setiap anak. Pada tahun 1953, Dum Dums dibeli oleh perusahaan permen spangler dan dipindahkan ke Bryan,ohio

Awalnya, ada 7 rasa: lemon, jeruk nipis, jeruk, nanas kelapa, ceri, anggur, dan butterscotch. Spangler pernah bereksperimen dengan tongkat plastik alih-alih tongkat kertas saat ini, tetapi mereka mendapat keluhan tentang potensi cedera karena kemungkinan kerusakan plastik yang tidak bisa melengkungkan di pabrik yang menyebabkan pecahan plastik dalam permen.

Dum Dums kini membuat dalam 16 rasa, dengan rasa baru yang sering tercampur. “Rasa Misteri” adalah hasil dari akhir satu pencampuran batch dengan batch berikutnya, daripada menghentikan produksi untuk membersihkan mesin antara rasa.

 Cara Membuat Permen Lollipop

1.Cara Membuat Permen Lollipop Jenis George Smith

Bahan-bahan:

  • sirup jagung
  • krim tartar
  • madu
  • mentega.
  • gula
  • air

Cara Membuat Permen Lollipop Jenis George Smith:

  1. Campurkan semua bahan dan masak samapi mendidih
  2. Lalu masukkan kedalam cetakan lalu tuang semua bahan yang sudah dimasak.
  3. Tunggu sampai semua bahan dingin dan membentuk seperti cetakan.

2.Cara Membuat Permen Lollipop Jenis Cotton Candy Cloud Bread

Bahan-Bahan:

  • 3 btr putih telur
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • sejumput vanili bubuk
  • pewarna makanan

Cara Membuat Permen Lollipop Jenis Cotton Candy Cloud Bread:

  1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan
  2. Taruh putih telur ke wadah stailess, tambahkan dengan perasan jeruk nipis. Mixer dengan kecepatan sedang hingga berbuih.
  3. Masukkan gula pasir secara bertahap 2x, lanjutkan mixer dengan speed tinggi hingga kaku. (Adonan membentuk ujung agak runcing, dan ketika mangkok membalik, adonan tidak tumpah)
  4. Masukkan tepung maizena dan vanili bubuk. Mixer sebentar dengan speed rendah hingga tercampur rata.
  5. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Yang 1 ditambah 2 tetes pewarna biru, yang 1 ditambah 2 tetes pewarna pink (atau sesuai selera). Aduk balik dengan spatula.
  6. Siapkan loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti. Tuang adonan ke atas kertas roti dan bentuk dengan bantuan spatula. (Jangan terlalu tinggi, karena tengahnya bisa tidak matang, jangan terlalu rendah karena saat matang sedikit mengempes)
  7. Panggang  keoven yang sudah memanas (kurleb 10 menit) dengan suhu 150 derajat selama 40 menit. Sesuaikan oven masing-masing.
  8. Angkat dan siap menikmati.

3.Cara Membuat Permen Lollipop Jenis Dum Dum’s

Bahan-bahan:

  • 3 sdm Kental Manis
  • 3 sdm Susu Evaporasi
  • 1 sdm Gula Pasir
  • 200 ml Air Mendidih

Cara Membuat Permen Lollipop Jenis Dum Dum’s:

  1. Didihkan 200 ml Air Matang.Tuang Air Yang Sudah Mendidih Ke Dalam Gelas Berisi Teh Thailand.Aduk Sampai Rata.Diamkan Selama 10 Menit Supaya Teh nya Mengendap Di Bawah.
  2. Di Tempat Terpisah Masukan 3 sdm Kental Manis, 3 sdm Susu Evaporasi, 1 sdm Gula Pasir Dengan Menggunakan Saringan.Aduk Sampai Merata.
  3. Siap menyajikan

4.Cara Membuat Permen Lollipop Dari Roti Tawar

Bahan-bahan:

  • 10 lembar roti tawar (yang dipakai kulitnya saja)
  • 10 tusuk sate
  • Gula putih untuk taburan
  • Margarin untuk olesan telfon

Cara Membuat Permen Lollipop Dari Roti Tawar:

  1. Gulung kulit roti tawar seperti lollipop lalu tusuk dengan tusuk sate.
  2. Olesin telfon dengan margarin lalu panggang kulit roti tawar.
  3. Lalu taburi gula pasir kekulit roti tawar.

5.Cara Membuat Permen Lollipop Ubi Coklat Susu

Bahan-Bahan:

  • 1 ubi ukuran besar
  • 3 sdm tapioca
  • 1/5 sdm maizena
  • 1/7 sdm penggembang makanan
  • 1 cup vanilla
  • 4 sdm gula halus
  • 2 sdm chococip cairkan
  • 2 sdm susu buku
  • Tusuk sate

Cara Membuat Permen Lollipop Ubi Coklat Susu:

  1. Rebus ubi sampai matang lalu di ulek setelah halus masukkan maizena,tapioka,gula halus vanili aduk smpai rata
  2. Lalu ambil 1sdt bulat2kan dan goreng api kecil kecoklatan angkat triskan
  3. Panaskan chococip biar cair lalu baluri ubi yg sdh digoreng dengan coklat hias dgn susu bubuk

6.Cara Membuat Permen Lollipop Milo Oreo

Bahan-Bahan:

  • 3 sashet susu milo
  • 2/5 sdm gula pasir
  • 2 sashet susu kental manis
  • 400 ml air
  • 1 bungkus oreo kecil

Cara Membuat Permen Lollipop Milo Oreo:

  1. Campurkan semua bahan dan masak samapi mendidih
  2. Hancurkan semua oreo lalu masukkan kedalam cetakan lalu tuang semua bahan yang sudah dimasak.

7.Cara Membuat Permen Lollipop Pisang

 Bahan-Bahan:

  • Buah pisang tandukk atau kapok atau raja
  • Meses dan springkle
  •  3 sdm margarin
  •  tusuk sate
  •  white chocolate compound

Cara membuat Permen Lollipop Pisang:

  1. Siapkan semua bahan.tusukkan sate dipotong seukuran jari.lelehkan coklat putih,tambahkan 1 sdm margarin (bias ditim atau dengan microwave).
  2. Potong-potong pisang,kemudian panaskan telfon beri sedikit margarin.bakar pisang hingga matang.setelah matang tusuk dengan tusukan sate.
  3. Lapisi pisang dengan coklat yang sudah mencairkan,kemudian taburi dengan springkel dan meses.simpan dalam lemari es 5 menit agar coklat beku.
  4. Setelah coklat beku pisang lollipop siap menhidangkan.

8.Cara Membuat Permen Puding Lolipop

Bahan-Bahan:

  • 1 sachet kecil nutrijel rasa coklat
  • ½ gelas gula pasir
  • 400 ml susu cair UHT full cream

Cara Membuat Permen Puding Lollipop:

  1. Aduk semua bahan dalam panci hingga tercampur rata.
  2. Masak Hingga mendidih sambil terus mengaduk supaya merata.
  3. Tuang dalam cetakan es atau wadah pudding.Tunggu uap panas hilang masukkan dalam kulkas minimal 1 jam. Selamat menikmati

Jenis-jenis Permen

1. Chewing gum

Indonesia, permen ini dikenal sebagai permen karet. Ciri khasnya antara lain dapat mengembang layaknya gelembung, bertekstur lengket, serta memiliki ragam warna dan rasa. cara membuat permen lollipop dan Alasan mengapa permen karet dapat membentuk layaknya gelembung adalah adonannya yang lebih kental dari permen kunyah lainnya.

2. Lollipop

Asal usul pembuatan permen ini berawal dari cara manusia purba dalam mengonsumsi madu dengan menggunakan tongkat. Pada masa kebudayaan Arab, Cina, dan Mesir Kuno, menemukanlah lollipop modern yang merupakan campuran dari madu dengan buah-buahan atau kacang-kacangan yang kemudian menusuk dengan tangkai.

3. Marshmellow

Manisan kenyal yang satu ini memiliki tekstur yang lembut seperti busa. Selain itu, tersedia pula dengan berbagai macam bentuk, aroma, dan warna. Ciri khas marshmellow yang lain antaranya seperti mudah meleleh ketika di dalam mulut atau ketika dipanggang.

Alasan mengapa marshmellow memiliki tekstur yang lembut dan mudah meleleh adalah bahan pembuatannya yang terdiri dari gula atau sirup jagung putih, telur, gom arab, bahan perasa, dan gelatin yang dikocok hingga mengembang

4. Nougat

Bahan utama permen ini antara lain gula atau madu, kacang panggang, dan buah kering. Tekstur nougat dapat menjadi lunak atau keras tergantung dengan bahan-bahan yang meggunakan.Selain itu, terdapat dua macam nougat antaranya nougat putih dan nougat cokelat. Nougat putih terbuat dari putih telur yang dikocok hingga halus, sedangkan nougat cokelat terbuat dari karamel.

5.Gummy Bear

Permen jelly ini merupakan permen yang terbuat dari air atau sari buah yang kemudian menambahkan dengan bahan pembentuk gel sehingga memiliki penampilan yang jernih transparan dan memiliki tekstur yang kenyal.cara membuat permen lollipop Gummy bear tergolong penganan semi basah sehingga tak heran jika produk ini mudah rusak dan kedaluwarsa. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambahkannya dengan bahan pengawet makanan.

Terima kasih atas waktu yang kalian berikan untuk membaca artikel yang saya buat.Dengan tema Cara Membuat Permen Lollipop.jika ada kata-kata yang kurang tepat dimengerti atau pun salah-salah kata saya mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •