Cara menanam rumput memang cukup sulit bagi pemula. Buat kamu yang terobsesi dengan tampilan rumah pasti nggak mau bikin taman kamu tampil apa adanya ya? Menanam rumput taman memang bisa membuat tampilan taman Anda semakin indah dan sempurna. Namun tentunya banyak dari Anda yang belum mengetahui cara menanam rumput taman, atau mungkin Anda pernah mencoba tetapi gagal.

Tidak peduli seberapa bagus marmer yang kita gunakan, dan tidak peduli di permukaan apa kita menemboknya, itu tidak akan mampu mengalahkan tanah hijau alami yang terlihat. Keunggulan rumput gajah mampu membuat halaman depan dan belakang rumah semakin indah. Tentu saja, siapapun bisa menginjaknya. Kita bisa menggunakan berbagai jenis rumput misalnya rumput gajah mini, Beijing, Manila, Swiss, babat, golf atau rap. Anda dapat memilih opsi untuk padang rumput.

Cara Menanam Rumput

Rumput Taman

Menanam rumput taman tidak hanya membantu membuat taman terlihat lebih menarik, tetapi juga membantu mengeringkan taman Anda. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu mengetahui cara menanam rumput taman yang tepat agar tampilan taman Anda semakin indah dipandang dan para tetangga akan iri.

Ruang hijau atau taman di rumah bisa membuat penghuninya lebih santai dalam kehidupan sehari-hari. Rumah itu sejuk untuk dilihat dan udaranya segar.

Seperti diketahui, rumah sendiri tidak bisa memberikan kontribusi bagi kesehatan penghuninya. Ruangan menjadi apek dan lembab karena pergerakan udara tidak cukup. Tentunya jika anda memiliki taman, meski kecil dengan rerumputan hijau, kesehatan dan suplai oksigen anda lebih baik. Berikut cara menumbuhkan gulma berdasarkan jenisnya.

1. Cara Menanam Rumput Jepang

Rumput Jepang

Anda tidak bisa begitu saja memilih rumput taman karena setiap jenis rumput memiliki ciri khasnya masing-masing. Sebaiknya pilih rumput yang sesuai dengan jenis atau karakter taman Anda. Salah satu jenis rumput taman yang cocok untuk ditanam di taman adalah rumput jepang. Rumput jepang tidak hanya mudah dirawat, ia juga memiliki khasiat daun yang kecil, sehingga terlihat bagus di taman rumah.

Rumput jepang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak ditanam di taman. Nama latin untuk rumput Jepang adalah Zoysia Japonica. Di negara berbahasa Inggris, rumput ini juga dikenal dengan nama Korean Lawn Grass. Bentuknya yang runcing seperti ujung jarum, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai rumput jenis konifera. Duduk di atasnya mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman, seperti tertusuk jarum.

Rerumputan ini terlihat asri dan hijau. Selain dari fungsi estetika, jenis rumput ini juga mudah menyerap air, sehingga Anda bisa menghindari genangan air di taman. Rumput jepang sangat populer dan banyak dari kita yang menggunakannya sebagai pilihan utama untuk rumput taman. Umumnya rumput memiliki panjang yang panjang, tetapi rumput ini secara harfiah pendek dengan tekstur yang kasar. Hal ini membuat rumput ini dipilih sebagai rumput taman.

Mari kita lihat beberapa tips menanam yang harus Anda ketahui!

Biasanya rumput ini dijual dengan satuan meteran atau dalam bentuk potongan, jadi anda perlu menanam dan menanamnya sedikit demi sedikit.

Berikut adalah kriteria yang perlu Anda tanggapi saat memilih benih:

  • Benih harus berwarna hijau segar
  • Bibit harus terlihat bagus, bebas dari hama dan penyakit, serta sehat dan kuat
  • Teksturnya keras dan tidak layu

Setelah melihat kriteria, ikuti tips berikut:

  • Pisahkan benih menjadi kelompok-kelompok kecil.
  • Pastikan akar tanaman dipisahkan.
  • Pastikan akar tanaman tidak tercabut saat kita memisahkannya karena tanaman tidak dapat tumbuh tanpanya.

 

2. Membuat Lahan Tanam

Berikut merupakan langkah-langkah penanaman lahan.

  1. Longgarkan tanah dengan menggalinya hingga kedalaman yang sesuai.
  2. Kemudian tekan permukaan tanah hingga rata hingga merata.
  3. Setelah itu, bersihkan lahan dari sisa rumput dan bebatuan.
  4. Jika sepertinya tidak longgar, gunakan garpu untuk mengendurkannya.
  5. Setelah itu taburkan pupuk kandang pada lahan yang kita garap (perbandingan pupuk kandang 2: 5, setiap 1 meter kita taburkan 2,5 kg pupuk kandang).
  6. Kemudian mengairi lahan agar pupuk terserap dengan baik.
  7. Setelah itu diamkan selama 5-7 hari hingga media tanam dapat kita gunakan.

3. Langkah Langkah Menanam Rumput Jepang

Berikut langkah-langkah menanam rumput Jepang

  1. Pertama, sirami benih yang akan kita tanam untuk menghilangkan kotoran.
  2. Waktu terbaik untuk menanam rumput adalah pada sore hari (jika kita menanam pada pagi hari matahari akan membakar rumput tersebut).
  3. Buat lubang tanam dengan jarak tanam sempit 10 × 10 cm.
  4. Tanam bibit di dalam lubang, tutup, dan ratakan kembali.
  5. Bilas secukupnya dengan air bersih (gunakan selang atau selang gantung).
  6. Lakukan penyiraman secara rutin pada tahap awal penanaman.

4. Cara Merawat Rumput Jepang

Tahapan ini sangat penting karena jika tidak dilakukan secara intens, jangan harap rumput yang kita tanam dapat tumbuh maksimal.

Berikut detail yang harus Anda ketahui:

1. Penyiraman

Siram dua kali sehari (pagi dan sore) dengan air bersih dan gunakan selang atau irigasi agar tidak merusak akar rumput.

2. Pemupukan

Pada umur 2 minggu setelah tanam, gunakan pupuk urea dengan dosis 1/2 kg untuk lahan 10 meter persegi.

Sedangkan untuk umur 1,5 bulan gunakan pupuk TSP dengan dosis yang sama.

3. Penyiangan

Kita perlu menghilangkan gulma atau gulma yang tumbuh di lahan yang ditanami agar rumput jepang bisa tumbuh merata.

Ini juga mengusir serangga yang dapat merusak daun rumput.

Jangan gunakan pestisida, cukup jaga kebersihan lingkungan dan remediasi tanah untuk dijaga.

4. Pemangkasan

Saat rumput berumur 3 bulan, pangkas agar akar rumput tetap terpapar sinar matahari.

Ini akan membuat daun rumput tetap hijau.

Jika tidak, rumput akan menguning menjadi coklat atau tanaman bahkan bisa mati.

 

2. Cara Menanam Rumput Gajah

Jenis gajah

Petani di Indonesia umumnya berdagang secara bersamaan dengan peternak. Memang masih banyak petani atau peternak yang masih memiliki lahan kosong yang bisa kita jaga ketersediaan hijaunya.

Kita bisa memanfaatkan lahan seperti sangkar atau bundel rawa untuk menanam jenis rumput unggul seperti rumput gajah, rumput raja, dan rumput odot. Rerumputan jenis ini biasa kita manfaatkan sebagai pakan sapi, gajah, kambing, domba, kerbau, kuda dan lain-lain.

Saat ini banyak petani yang sengaja menanam rumput gajah agar bisa dijual. Hal ini dikarenakan kebutuhan pakan ternak meningkat sedangkan rumput di lapangan semakin berkurang. Sehingga keberadaan rumput gajah ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha khususnya bagi yang memiliki lahan kosong.

Budidaya rumput gajah sendiri tidaklah sulit. Petani atau peternak hanya perlu mempersiapkan langkah-langkah berikut:

1. Pengolahan Tanah

Sebelum kita menanam rumput gajah, terlebih dahulu kita harus mengolah lahannya. Pertama kami membersihkan tanah dari pohon, semak dan rerumputan. Selanjutnya, Anda membajak untuk melonggarkan tanah. Setelah itu kita perlu membuat gundukan yang sudah kita sesuaikan dengan jenis rumput gajah yang akan kita tanam.

2. Penanaman

Waktu terbaik untuk menanam rumput gajah adalah sebelum musim hujan atau di penghujung musim kemarau. Bibit rumput gajah dapat kita tanam dengan bijinya atau dengan perbanyakan secara vegetatif.

Cara yang biasa kami gunakan adalah dengan memotong batang dan merobek gumpalannya. Untuk menggunakan abon gumpalan, kita bisa mengambil 3-4 gumpalan akar yang tidak terlalu kecil. Kemudian benih ditanam dengan jarak ideal 30×50 cm.

Saat menggunakan bibit dari batang / stek, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih umur batang yang cukup tua (sekitar 2 bulan) dengan 2-3 ruas. Jarak yang kami rekomendasikan adalah 30 x 30 cm, dengan batang terselip pada sudut 30 derajat untuk memfasilitasi pertumbuhan akar.

3. Pemeliharaan

Perawatan rutin bisa kita lakukan dengan cara menyulam, menyiangi, dan membersihkan rumpun yang tumbuh subur di luar jalur tanam. Kita bisa menyiram sebelum pemupukan jika kondisi lahan terlalu kering.

Proses pemupukan pertama selanjutnya yang bisa kita lakukan saat tanaman rumput gajah berumur sekitar 2-3 minggu. Pupuk yang kami gunakan berupa urea dan KCI sesuai takaran yang dianjurkan. Pemupukan berikutnya akan terjadi pada umur tanaman 2-3 minggu jika dihitung sejak masa panen.

4. Panen

Kita bisa memanen rumput gajah pada umur 40 hari atau sebelum rumput mekar. Umumnya setelah berumur lebih dari 50 hari, rumput akan mulai mekar dan batangnya mengeras. Hal ini perlu kita hindari karena dapat menurunkan nilai gizi rumput yang akan hewan ternak konsumsi. Kami memotong batang di bagian bawah, menyisakan batang sepanjang 5-10 cm. Jika Anda perlu mencacah rumput gajah tersebut agar semakin halus, maka anda perlu memakai mesin pencacah rumput multifungsi.

Seberapa mudah tidak membudidayakan rumput gajah? Semua petani dan peternak harus berusaha menanami lahan kosongnya dengan jenis rumput unggul agar lahan lebih produktif.

3. Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Jenis gajah mini

Berbeda dengan rumput gajah pada umumnya, ditemukan dari namanya ukuran daunnya lebih kecil dari pada rumput gajah pada umumnya. Kita bisa menanam rumput ini di taman kecil kita. Salah satu kelebihan dari jenis rumput ini adalah menghilangkan biaya pemangkasan atau Anda tidak perlu khawatir akan memotong rumput. Tak heran jika rumput gajah mini semakin menjadi idola banyak orang. Harga rumput gajah mini ini juga cukup murah. Berikut cara menanam rumput gajah mini

1. Persiapan Media Tanah

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memotong tanah terlebih dahulu agar tanah tidak keras dan rerumputan mudah tumbuh. Mengenai kedalaman tanah yang perlu kita gemburkan, kita hanya bisa menggunakan metode perkiraan, kita menyesuaikan ketinggian akar rumput.

Langkah menebaknya adalah dengan melihat sampel gulma dan mencatat panjang akarnya. Jika ukurannya 5cm, kita bisa kehilangannya hingga 5cm juga. Kami sebenarnya tidak harus mengukurnya, kami hanya ada di sana. Lantai kita bolak-balik, lantai yang semula di bawah, kita potong-potong, bila kita temukan lantai keras yang kokoh kita potong saja sehingga pecah. Cobalah untuk menyingkirkan batu kita.

2. Media Pupuk Tanah

Saat tanah gembur, inilah saatnya untuk memupuknya. Menurut saya, pemupukan ini kita perlukan agar perkembangan menjadi baik. Sebaiknya kita memupuk sebelum tanam.

3. Irigasi

Setelah media terbuahi, sebaiknya kita siram sebelum tanam agar pupuk dan tanah bercampur. Pada bagian luar, tanahnya juga rata setelah kita siram.

4. Tanaman

Menanam rumput gajah mini ini sangatlah mudah. Tidak ada keahlian khusus yang kita butuhkan. Langkahnya adalah menyirami media tanam agar tidak berat saat tanam. Saat tanah basah, ambil bibit rumput gajah mini dan tempelkan di atasnya. Untuk membiarkan akar rumput gajah mini menembus tanah, remas perlahan agar perlahan menembus tanah. Dengan bantuan penyiraman, pengepresan menjadi lebih mudah karena tanahnya tidak keras.

5. Pemeliharaan

Namun jika ruangannya sangat lebat, maka warna daun biasanya menguning. Karena itu, harus kita hijaukan dalam waktu maksimal satu tahun. Caranya adalah dengan memotong semua rumput hingga ke batangnya, dan nantinya akan ada rumput hijau baru lagi.

 

Manfaat Menanam Rumput

Manfaat Rumput

Tanaman rumput yang tersebar di taman bisa menggantikan kesan kosong dan tidak terawat di halaman. Lahan yang hanya berupa tanah kurang menarik jika kita bandingkan dengan rumah dengan rumput.

Rerumputan dan tumbuhan juga memberikan lebih banyak oksigen ke area rumah. Ini karena rumput juga menghasilkan oksigen selama fotosintesis. Hal pertama yang harus kita perhatikan saat membuat taman rumput adalah lokasi taman rumput saat mendesain rumah. Taman bisa kita tempatkan di depan, belakang atau di tengah bangunan.

Taman rumput bagus jika kita memadukannya dengan akses ke area umum. Artinya, kita bisa membuat taman di dekat ruang makan atau ruang keluarga.

Menanam rumput memang agak sulit karena hati-hati. Namun merawat rumput itu tidak sulit, yaitu hanya menyiram dan memupuknya. Gulma dapat kita beli dari toko rerumputan dan biasanya tersedia dalam satuan meter persegi. Jenis rumputnya pun bermacam-macam, yang paling populer adalah rumput Jepang dan rumput gajah. Menanamnya sangat mudah dengan cara menempelkannya pada tanah yang sebelumnya kita bersihkan, kendurkan dan pemupukan. Berikut manfaat menanam gulma.

1. Nutrisi Bertahan Lebih Lama.

Rerumputan yang tumbuh pada sekitar tanaman Anda dapat bermanfaat sebagai salah satu komponen pengikat tanah permukaan yang biasanya tidak tanaman miliki. Biasanya tanah terbuka (tidak berumput / tidak ada tanaman sama sekali) mengandung sedikit unsur hara, bahkan bila kita biarkan terus menerus keadaan ini lama kelamaan akan menjadi kering dan gersang.

2. Pencegahan Erosi Tanah.

Air permukaan bisa terbentuk kapan saja, terutama saat musim hujan. Pada saat itu, jika ladang Anda terbuka lebar, semua aliran air permukaan akan membawa semua tanah yang ada. Semakin panjang tanah tempat Anda mencoba untuk menipis, semakin rendah jalurnya dan posisinya akan semakin rendah untuk memulai.

3. Sebagai Pesaing yang Memiliki Perakaran Kuat pada Tanaman Rumahan.

Rerumputan seperti persaingan untuk tanaman utama untuk mencari nutrisi di dalam tanah secara lebih konsisten. Perkembangan akar tanaman induk akan lebih dalam dan menyebar kesamping untuk bersaing memperebutkan unsur hara bersama akar rumput.

4. Sebagai Pesaing yang Menjadikan Tanaman Utama Lebih Subur.

Petani yang bisa mengontrol persaingan meletakkan rumput di atas tanaman akar tunggang (akar tepat di dalam). Biasanya jenis ini kita temukan pada tanaman perkebunan yang keras (berumur panjang). Rerumputan yang hidup di atas tanah biasanya bertingkat dan meningkat seiring waktu di mana lapisan di bawahnya telah membusuk.

Ini seperti rawa, tapi terbuat dari ilalang karena tanahnya busuk. Anda perlu memilih salah satu jenis yang akan tumbuh menghantam permukaan tanah. Bagian dalam yang mengalami pembusukan meningkatkan kesuburan tanah.

5. Mencegah Tumbuhnya Tanaman Lain yang Merugikan.

Rerumputan yang ada di sana bisa berguna untuk menahan permukaan benih yang tidak dimaksudkan untuk tumbuh bersama di tanah yang sama. Ini akan membatasi jumlah tanaman yang tersebar benih yang tidak sengaja terbawa angin, arus air hujan, hewan termasuk serangga.

Saya bisa mengatakan itu tentang menanam rumput. Jika kita memahami cara menanam rumput dengan baik, tentunya lingkungan lebih baik untuk kita lihat dan memanjakan mata

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
WhatsApp Chat Whatsapp!