Home » Artikel » Artikel Proses » Terbukti Ampuh…! Apa Sih Rahasia Makanan Lovebird Biar Gacor?

Terbukti Ampuh…! Apa Sih Rahasia Makanan Lovebird Biar Gacor?

Apa Sih Makanan Lovebird Biar Gacor? -Lovebird adalah salah satu burung yang menjadi primadona burung peliharaan. Lovebird yang dipelihara berdasarkan kicauan atau keindahan warnanya. Burung yang juga disebut sebagai burung cinta ini memang menarik minat para pecinta burung dengan 2 kelebihannya itu.

Untuk mendapatkan burung lovebird yang memiliki warna bulu yang cantik dan suara yang gacor, lovebird harus mendapatkan perawatan tertentu. Perawatan tersebut bisa dari proses pemberian perawatan tubuh maupun dari jenis makanan yang diberikan.

Namun sebelum masuk ke topik utama kita yaitu makanan lovebird biar gacor, mari kita lihat beberapa jenis burung Lovebird yang mungkin salah satunya bisa menjadi pilihan anda ketika akan memelihara lovebird.

Jenis-Jenis Lovebird

Anda tertarik dengan lovebird? Eits.. Tunggu dulu, sebelum membeli Lovebird yang anda inginkan sebaiknya anda mengenal beberapa jenis Lovebird terlebih dahulu. Total ada 12 jenis Lovebird yang bisa menjadi alternatif pilihan anda. simak daftarnya berikut ini ya..

makanan lovebird biar gacor

  1. Lovebird Muka Salem

Dinamai sebagai Lovebird Muka Salem karena bulu di bagian belakang mata, pipi, leher dan dada memiliki  warna merah hampir pink. Sedangkan untuk keseluruhan tubuhnya berwarna hijau kekuningan dengan ujung sayap berwarna kebiruan. Lovebird Muka Salem ini banyak dijumpai di sebelah selatan Afrika, Namibia dan Angola.

  1. Lovebird Topeng

Namanya berasal dari warna gelap yang ada di bagian wajah. Meski demikian, tubuhnya tetap didominasi dengan warna hijau dan sedikit warna kuning di bagian dada. Lovebird Topeng sangat sulit dibedakan antara yang jantan dan yang betina. Jenis Lovebird Topeng ini ditemukan pertama kali di Timur Laut Tanzania dan di budidayakan pertama kali di Kenya.

  1. Lovebird Nyasa

Lovebird Nyasa memiliki nama panggilan yaitu Lovebird Lilian. Burung ini didominasi dengan warna hijau. Namun jika disilangkan akan menghasilkan warna mutasi yang unik yaitu Lovebird Biru dan Lovebird Lutino.

  1. Lovebird Pipi Hitam

Jika dilihat sepintas, Lovebird ini mirip dengan Lovebird Topeng yang disekitarnya terdapat warna gelap. Namun setelah diperhatikan ternyata Lovebird ini hanya bagian pipinya saja yang berwarna gelap sedangkan keseluruhan tubuhnya didominasi warna hijau kekuningan.

  1. Lovebird Fischer

Burung cinta jenis ini dinamai dengan menggunakan nama orang pertama yang menemukannya, Gustav Fischer. Lovebird Fischer cocok dijadikan sebagai Lovebird warna karena perpaduan warna bulu seperti kuning, hijau, orange dan merah menjadikan burung ini terlihat indah. Burung ini banyak ditemukan di Indonesia, namun jika anda ingin lebih banyak lagi bisa mengunjungi habitat aslinya di Afrika atau di danau Victoria Tanzania Utara.

  1. Lovebird Abisinia

Lovebird Abisinia memang memiliki warna yang sedikit monoton dengan warna hijau dan hitam. Namun Lovebird ini adalah Lovebird dengan ukuran yang paling besar diantara Lovebird jenis lainnya. Pada dahinya terdapat warna orange kemerahan.

  1. Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar tinggal di pulau Madagaskar, Afrika. Jenis ini adalah Lovebird yang memiliki ukuran paling kecil diantara jenis Lovebird lainnya. Berat tubuhnya hanya sekitar 30 gram. Tubuhnya yang mungil dan dihiasi warna hijau dan abu-abu membuat burung ini terlihat lucu dan menggemaskan. Sayangnya, di Indonesia burung ini masih jarang ditemukan.

  1. Lovebird Muka Merah

Bisa menerka kira-kira darimana asal namanya? Ya, Lovebird Muka Merah memang memliki bulu berwarna merah yang menghiasi sekitar wajahnya. Burung ini sering dianggap sebagai burung pemalu walaupun kenyataannya tidak demikian. Warna merah pada wajahnya sudah ada sejak lahir dan memiliki warna hijau kekuningan pada bagian wajahnya.

  1. Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt tubuhnya didominasi hampir seluruhnya oleh warna biru. Hanya bagian kepalanya saja yang sedikit memiliki warna abu-abu. Lovebird Cobalt mirip dengan Lovebird Biru Violet.

  1. Lovebird Batman

Tubuh Lovebird Batman didominasi dengan warna gelap dan sedikit abu-abu putih. Walaupun tidak keseluruhan warna bulunya gelap, namun banyak yang menyebutnya dengan Lovebird Batman. Ketika dewasa, tubuhnya akan sangat menyerupai Batman sungguhan karena sayapnya berubah menjadi hitam pekat dan besar.

  1. Lovebird Lutino

Didominasi dengan warna kuning dan merah yang cantik. Burung ini cukup memiliki nilai jual karena warnanya yang indah. Untuk Lovebird dengan usia 2 – 3 bulan dijaul dengan harga 400 ribu, sementara burung usia 5 – 6 bulan harganya mencapai 700 ribu. Jenis Lovebird yang satu ini sering diikutkan lomba kecantikan warna dan kicauan.

  1. Lovebird Violet

Lovebird violet adalah jenis lovebird yang mengubah warna biru normal di area sponge menjadi violet. Agar memunculkan warna lovebird violet, salah satu indukannya harus jenis Lovebird Violet. Ciri-ciri yang paling nampak adalah warna biru keunguan yang kemudian memunculkan siluet warna violet.

Warna violet berada di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan warna putih lebih dominan di perut, kepala dengan warna hitam dan paruh putih pucat atau orange tua.

Makanan Lovebird Biar Gacor

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Lovebird banyak dicari karena keindahan warna bulu dan juga kicauannya. Semakin indah bulu dan kicauannya maka harga yang ditawarkan akan semakin mahal. Peminat kontes burung betina Lovebird semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini menyebakan Lovebird memiliki harga yang tinggi dipasaran.

Sebagai informasi saja, Lovebird Kusumo betina milik H Sigit WMP yang menjuarai kontes tingkat nasional memiliki suara gacor hingga menembus durasi 3 menit tanpa jeda.  Luar biasa bukan?

Nah, agar Lovebird kita dapat menciptakan gacor yang lama, ada beberapa hal yang perlu dilakukan pemilik dalam perawatan Lovebird. Salah satunya adalah dengan memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan Lovebird. Berikut adalah jenis makanan yang dapat membuat gacor Lovebird anda lebih lama.

makanan lovebird biar gacor

  1. Makanan Lovebird Biar Gacor – Biji Kenari

Makanan pertama yang dapat digunakan sebagai pakan Lovebird agar gacornya tahan lama adalah biji kenari. Biji kenari menjadi salah satu pakan favorit burung. Biji kenari memiliki fungsi menyegarkan tubuh, menambah stamina, dan membenahi suara burung Lovebird yang tadinya serak.

Biji-bijian yang satu ini bahkan mampu merangsang Lovebird yang tadinya enggan buka paruh jadi mau untuk buka paruh. Biji kenari yang tua adalah yang paling cocok diberikan kepada Lovebird. Jangan memberikan dalam jumlah besar. Berikan secukupnya dan sesekali campur dengan Milet.

  1. Makanan Lovebird Biar Gacor –  Milet

Milet adalah makanan umum bagi beberapa jenis burung seperti kenari, blackthroat dan juga lovebird. Makanan jenis ini  memiliki warna merah dan putih yang dalam penggunaannya bisa dicampur atau dipisah. Milet merah berfungsi menjaga kestabilan birahi sedangkan milet putih netral. Milet termasuk makanan pokok lovebird sehingga anda bisa memberikannya setiap hari.

  1. Makanan Lovebird Biar Gacor – Jagung Manis

Jagung memiliki banyak kandungan gizi bagi Lovebird. Beberapa diantaranya seperti vitamin B dan C, Crypthoxanthin dan Beta Karoten yang baik untuk kekebalan tubuh lovebird, menyehatkan penglihatan dan memperkuat otot. Agar burung mudah mengkonsumsi jagung, berikan jagung yang telah terlebih dahulu dihancurkan dengan Mesin Pembersih Biji Bijian yang juga berfungsi membuang kotoran dan komponen bahan tidak berguna pada biji jagung yang dapat mengganggu pencernaan burung.

  1. Makanan Lovebird Biar Gacor – Biji Oat atau haver

Jika lovebird anda sedang sakit, baik untuk diberikan pakan biji oat. Biji oat mengandung protein, kalori dan karbohidrat yang yang baik untuk tubuh. Memberikan oat baik untuk menenangkan lovebird yang mabuk, memperbaiki jaringan bulu lovebird agar lebih indah, memberikan ketenangan agar lovebird tidak stres, menjaga kulit burung agar terhindar dari iritasi, menjaga pencernaan, mencegah kolesterol dan bagi indukan yang sedang meloloh, oats dapat mempercepat pertumbuhan anakan.

Ekstra Food Lovebird

Selain makanan utama, anda juga bisa memberikan makanan ekstra bagi Lovebird sebagai penunjang makanan Lovebird biar gacor. Simak daftarnya berikut ini ya..

makanan lovebird biar gacor

  1. Kecambah atau Tauge

Jika lovebird anda akan mulai ternak, berikan kecambah dan tauge sebagai salah satu makanan tambahan. Tauge juga mengandung nutrisi yang beragam dan baik bagi pertumbuhan dan stamina lovebird.

  1. Kwaci

Makanan yang biasanya dibuat dari biji bunga matahari ini tidak hanya digunakan untuk makanan hamster saja. Kwaci juga bisa diberikan untuk pakan lovebird jika lovebird sedang mengalami drop birahi. Jangan memberikan kuaci dengan jumlah yang berlebihan karena akan membuat burung menjadi berlemak.

  1. Apel Merah

Apel merah memiliki kandungan serupa dengan tauge bagi lovebird. Buah ini bisa diberikan kepada lovebird sebagai selingan agar tidak bosan. Apel merah dipilih untuk pakan lovebird ketimbang apel lain karena kandungan nutrisinya lebih tinggi.

Hal yang perlu anda perhatikan sebelum memberi makan lovebird dengan buah apel adalah mencucinya terlebih dahulu. Ini penting dikarenakan banyaknya pestisida yang biasa menempel pada apel yang dijual di pasaran.

  1. Kangkung

Kangkung memiliki bagian nutrisi yang baik untuk lovebird muda agar cepat birahi. Lovebird yang birahi memiliki gacor yang sangat bagus. Sediakan kangkung dalam sangkar lovebird. Ambil bagian daunnya saja, karena pada bagian batangnya mengandung banyak air yang akan cepat membusuk dan berbahaya bagi pencernaan lovebird anda.

Makanan Terlarang Untuk Lovebird

Diatas adalah beberapa makanan lovebird yang sangat baik agar lovebird anda memiliki gacor yang bagus. Namun, sama dengan manusia, lovebird juga memiliki makanan yang menjadi pantangan. Jika jenis makanan ini diberikan akan mengganggu kesehatan lovebird. Makanan pantangan tersebut seperti:

  • Alpukat
  • Susu
  • Coklat
  • Kopi
  • Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi
  • Makanan berminyak
  • Navy bean

Jika makanan diatas diberikan, lovebird anda akan mengalami obesitas sampai keracunan yang membahayakan lovebird anda.

Porsi Makan Lovebird

Memberikan makanan pada lovebird dewasa dan anakan juga dilakukan dengan cara dan porsi yang berbeda.

Porsi untuk lovebird anakan

Berikan dengan komposisi 5 bagian milet putih, 2 bagian beras merah dan 1 bagian biji kenari. Porsi milet putih harus lebih besar daripada beras merah dan biji kenari. Berikan campuran makanan diatas sebagai makanan harian dengan ditambah pemberian jagung muda dan cacahan daun kangkung dua minggu sekali.

Untuk jenis anakan tidak perlu diberi makanan tambahan seperti kroto. Berikan makanan lovebird harian yang wajar agar pertumbuhan mental kicauannya berkembang natural dan ketika dewasa langsung siap dilombakan.

Porsi untuk lovebird dewasa

Berikan makanan dengan komposisi 2:1:2 yaitu 2 untuk bagian milet putih, 1 untuk bagian milet merah dan 2 untuk biji kenari. Porsi tersebut merupakan salah satu porsi efektif makanan lovebird dewasa supaya tidak gacor.

Jika yang anakan tidak perlu di beri extra food, pada lovebird dewasa baik diberikan beberapa makanan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya jika anda ingin lovebird cepat bertelur berikan kwaci, jika lovebird ingin memiliki warna bulu yang bagus berikan sayuran seperti wortel dan sawi.

Perawatan Harian Lovebird

Lovebird yang berasal dari hutan Afrika ini dapat beradaptasi dengan semua cuaca, termasuk cuaca di Indonesia. Apalagi jika kita dapat memberikan perawatan yang baik maka burung cantik ini akan menjadi burung peliharaan yang indah.

Hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dari lovebird adalah dengan memberikan perawatan sangkar, memberi makanan yang tepat dan kebiasaan dari pemiliknya.

Memilih sangkar lovebird

Terdapat 2 jenis sangkar yang biasa digunakan yaitu sangkar silinder dan sangkar kotak. Agar burung bisa bergerak bebas, buatlah sangkar yang memiliki ukuran besar. Untuk sangkar silinder buat dengan ukuran diameter 40 cm dan tinggi 40 cm. Sedangkan untuk sangkar kota buat dengan ukuran 25 cm x 35 cm x 40 cm.

Lovebird juga memiliki kebiasaan mematuk benda-benda yang ada disekitarnya. Oleh karenanya jangan membuat sangkar dari kayu atau bambu karena beresiko pagar dipatuk dan rusak sehingga burung bisa kabur. Buat sangkar dari besi dan logam yang pastinya lebih kuat dari kayu atau bambu. Sediakan tangkringan dari kayu bulat tanpa membubutnya. Namun pastikan agar kayu tidak memiliki bagian tajam yang dapat melukai burung.

Makanan lovebird

Berikan makanan yang sesuai dengan takaran yang telah dibahas sebelumnya. Berikan biji-bijian, buah dan kangkung dengan porsi yang tepat. Untuk lovebird yang akan diikutkan perlombaan berikan multivitamin yang dicampur ke dalam air minum setiap seminggu sekali. Perawatan lovebird tidak berbeda jauh dengan burung lainnya. Berikan perawatan burung dengan perasan bahagia. Sehingga burung tidak stres dan tetap bahagia.

Tips harian merawat lovebird

makanan lovebird biar gacor

Berikut ini adalah beberapa tips harian dalam merawat Lovebird anda:

  • Tips Pertama

    Bawalah burung keluar rumah untuk mendapatkan angin segar setiap pagi selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu mandikan burung sesuai dengan kebiasaan. Ketika memandikan, pastikan seluruh tubuhnya basah seluruhnya karena itu akan membuat burung memiliki kicauan yang gacor jika dilakukan setiap hari. Bersihkan kandangnya selagi burung dimandikan. Periksa makanan dan ganti air minum serta sediakan buah-buahan serta sayuran segar di sekitar kandang.

  • Tips Kedua

    Setelah burung dimandikan, keringkan bulu burung dengan menjemur burung selama 30-60 menit pada kisaran pukul 8 pagi sampai 11 siang. Ketika dijemur, pastikan menggabungkan burung dengan jenis yang sejenis.

  • Tips Ketiga

    Setelah dijemur, gantung sangkar 10 menit sebelum di masukan ke dalam rumah. Gantung di sekitar halaman agar mendapatkan udara segar. Periksa air minum karena jumlahnya pasti berkurang setelah terkena matahari.

  • Tips Keempat

    Putar suara master burung dari mulai siang hingga sore hari sebelum dikeluarkan. Setelah mendengarkan master suara burung, mandikan burung jika perlu. Mandi sore ini harus konsisten. Jika sekali dimandikan, maka setiap sore harus dimandikan, jika tidak maka jangan sama sekali. Jangan lupa periksa persediaan makan dan air minum dalam sangkar sebelum sangkar di sarungi dan dimasukan rumah.

  • Tips Kelima

    Setelah persiapan sore dilakukan, masukan kandang dalam sarung dan masukan dalam rumah. Perdengarkan master suara burung yang sebelumnya sampai pagi menjelang.

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang sangat direkomendasikan untuk menjadi peliharaan. Selain untuk menyalurkan hobi, burung ini juga bisa mendatangkan rezeki. Jika pemilik bisa merawat burung dengan benar dan sesuai maka akan menghasilkan burung dengan bulu yang indah dan suara kicauan yang gacor.

Burung lovebird dengan suara gacor bisa didapat tidak hanya dengan melatihnya, namun juga dengan memberikan makanan yang sesuai. Oleh karenannya, berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan agar kicau burung anda semakin gacor.

Semoga informasi tentang makanan lovebird biar gacor di atas bermanfaat untuk anda dan jangan ragu memberikan makanan lovebird biar gacor untuk burung cinta kesayangan anda..

By | 2017-11-27T14:26:39+00:00 November 27th, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Terbukti Ampuh…! Apa Sih Rahasia Makanan Lovebird Biar Gacor?

About the Author: