Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil memang cukup banyak, setidaknya bisa kita uraikan lebih dari 10 manfaat, baik untuk kesehatan si ibu maupun untuk janinnya itu sendiri. Bisa dikatakan minuman yang terbuat dari sari kacang kedelai ini merupakan minuman yang universal, artinya siapa saja boleh meminumnya, termasuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, seorang ibu memang membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil, karena semua nutrisi yang ibu hamil konsumsi itu juga akan diserap atau diberikan kepada janin yang dikandungnya. Nah maka dari itu, ibu hamil harus mendapat asupan nutrisi yang baik dan cukup agar kesehatannya selalu terjaga, serta pertumbuhan dan perkembangan bayinya pun bisa berjalan dengan baik.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Berkat kandungan nutrisinya yang kaya, susu (sari) kacang kedelai juga bermanfaat apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Bagi Anda para ibu yang sedang dalam masa kehamilan tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat olahan susu kedelai sendiri, karena cara membuat susu kedelai itu cukup mudah. Selain menyehatkan, membuat susu kedelai sendiri bisa lebih higienis dan tentunya bisa menghemat biaya pengeluaran.

Berikut ini kami uraikan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

1.) Membantu Meningkatkan Kecerdasan Janin

Berdasarkan penelitian, susu kedelai ternyata mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan otak janin, jadi bisa membantu meningkatkan kecerdasannya. Selain untuk kecerdasan, kandungan asam folat ini juga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel saraf janin, terutama saat masa awal kehamilan (sampai usia kandungan 12 minggu atau 3 bulan).

2.) Sebagai Sumber Energi

Selama masa kehamilan, tentunya seorang ibu akan banyak mengeluarkan energi dan rasanya akan jauh berbeda dibandingkan dengan masa sebelum hamil. Karena beban tubuh yang bertambah serta adanya pergolakan hormon yang terjadi menyebabkan ibu hamil cepat merasa lelah. Maka dari itu, perlu asupan nutrisi yang bisa menggantikan dan mampu mempertahankan, serta menambah engeri supaya ibu tepat semangat dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Kandungan karbohidrat di dalam susu kedelai ini dinilai bisa memberikan asupan nutrisi bagi ibu hamil dan tentunya bisa membantu menambah energi. Satu hal yang perlu kita ketahui, mengkonsumsi susu kedelai terutama pada saat usia kehamilan semakin besar bisa membantu membuat tubuh ibu menjadi terasa lebih segar, jadi tidak mudah lelah saat beraktivitas. Selain itu, kandungan karbohidratnya ini juga bisa memberikan maanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

3.) Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Janin

Seperti yang sudah kita ketahui, susu kedelai mengandung cukup banyak mineral, vitamin, dan zat gizi lainnya yang bisa membantu dalam proses perkembangan dan pertumbuhan janin. Salah satunya, nutrisi kacang kedelai bermanfaat untuk menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang janin, dan juga mencegah keguguran.

Selain itu, kandungan protein dan bahan penyusunnya, seperti arginii, lesitin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, triptofan, fenilalin, dan treonin yang terkandung di dalam susu kedelai ini juga membantu mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin.

4.) Membantu Menjaga Kondisi Kesehatan Ibu Hamil

Kalau kita mau hidup sehat, yang jelas kita juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat pula, serta mengandung kadar gizi yang seimbang.

Susu kedelai ini banyak mengandung zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk pada ibu hamil. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya bisa membantu menjaga kondisi ibu hamil agar tetap fit dan tidak cepat merasa lelah. Vitamin dan mineralnya itu juga bermanfaat untuk menjaga ibu dan janinnya agar tetap sehat.

5.) Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Susu kedelai juga mengandung vitamin C sebagai zat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu yang sedang dalam masa kehamilan tidak mudah jatuh sakit.

6.) Membantu Merawat Organ Penting

Susu kedelai ini tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, tapi juga bisa membantu menjaga fungsi organ-organ penting di dalam tubuh ibu hamil selama masa kehamilan.

7.) Membantu Memerangi Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat bisa sangat mengganggu kesehatan ibu pada masa kehamilan, karena disebabkan oleh peningkatan atau penumpukan kolesterol, padahal ibu hamil tidak boleh memiliki kadar kolesterol tinggi pada masa kehamilan, karena akan berdampak pada kesehatan dirinya maupun janinnya.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini cukup efektif dalam membantu melawan kolesterol jahat, karena mengandung cukup banyak lemak nabati di dalamnya. Selain memerangi kolesterol, lemak nabati juga ikut membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah, membantu menjaga keseimbangan berat badan ibu hamil, dan juga sebagai cadangan lemak bagi ibu hamil maupun janin.

8.) Membantu Proses Pemulihan Setelah Persalinan

Kandungan tinggi protein di dalam susu kedelai membantu memperbaiki sel-sel yang rusak saat proses persalinan, baik persalinan normal maupun persalinan dengan operasi (operasi caesar).

9.) Membantu Memulihkan dan Menjaga Kebugaran Tubuh

Berdasarkan penelitian, susu kedelai memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang tidak hanya membantu menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan, tetapi juga membantu menjaga kesehatan setelah melahirkan kalau dikonsumsi secara rutin.

Kandungan seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin E yang terdapat di dalam susu kedelai sangat baik untuk kesehatan ibu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya juga untuk tetap mengkonsumsi susu kedelai setelah proses persalinan.

10.) Baik Untuk Kesehatan Jantung Ibu Hamil

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung, karena susu kedelai mengandung nutrisi utama berupa lemak tak jenuh dan juga tidak mengandung kolesterol.

Nah dua asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam susu kedelai ini bisa membantu mencegah pembentukan kolesterol dari sumber makanan dan minuman lain, jadi sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah.

11.) Membantu Penyerapan Kalsium

Perlu diketahui, ibu hamil membutuhkan tingkat kalsium yang lebih tinggi, yaitu sekitar 1200 mg per hari. Ada banyak sumber makanan yang memiliki kandungan kalsium seperti yogurt, susu, keju, ikan sarden, semua sayuran hijau, jeruk, dan kedelai.

Nah susu kedelai yang terbuat dari kacang kedelai ini memiliki kandungan bahan fitoestrogen yang bisa membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dengan baik. Selain itu, kalsium menjadi nutrisi yang penting karena bisa membangung pembentukan jaringan tulang, gigi, dan rambut untuk janin.

12.) Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini bisa mencegah semua masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi dalam masa kehamilan, karena susu kedelai kaya akan asam omega 3 dan asam omega 6. Selain itu, susu kedelai juga mengandung fito-antioksidan yang akan bekerja untuk melindungi pembuluh darah. Bahan ini akan menjaga pembuluh darah agar lentur, sehat dan lebih fleksibel.

13.) Mencegah Obesitas Untuk Ibu Hamil

Masalah yang satu ini sering kali terjadi pada ibu hamil. Seiring dengan penambahan jumlah usia kehamilan, berat badan ibu hamil juga akan ikut naik. Sebetulnya ini hal yang wajar, karena berat badan janin juga bertambah. Susu kedelai mengandung kadar gula yang lebih kecil kalau dibandingkan dengan susu sapi maupun susu kambing. Susu kedelai juga bisa membantu mengelola berat badan ibu hamil, jadi tidak terkena bahaya obesitas bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan.

14.) Membantu Meningkatkan Berat Badan Janin

Kandungan lemak utama dalam susu kedelai adalah jenis lemak nabati atau lemak tak jenuh. Lemak ini sangat baik untuk tubuh ibu hamil, karena bisa mengendalikan kolesterol dan juga menjaga pembuluh darah agar tetap sehat. Nutrisi lemak ini juga diterima oleh janin, sehingga bisa membantu meningkatkan berat badan janin.

15.) Mencegah Cacat Tabung Syaraf

Penyakit cacar tabung syaraf ini biasanya terjadi pada bayi yang dilahirkan dengan kondisi kekurangan asam folat pada masa kehamilan. Susu kedelai mengandung asam folat yang bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil.

Asam folat pada susu kedelai juga aktif meningkatkan pertumbuhan sel syaraf pada janin, sehingga membantu bayi yang dilahirkan jadi lebih sehat.

16.) Membantu Perkembangan Organ Vital Janin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini cukup banyak, salah satunya bisa membantu perkembangan organ vital janin dalam kandungan, karena susu kedelai merupakan sumber protein yang sehat untuk ibu hamil.

Beberapa bahan protein alami yang terkandung di dalam susu kedelai diantaranya treonin, isoleusin, arginin, glisin, dan lisin yang bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan pada janin, termasuk pembentukan organ dalam seperti kandung kemih.

17.) Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ibu hamil sangatlah rentan dengan infeksi dan tertular beberapa penyakit, karena tubuh sedang membangun jaringan khusus untuk pertumbuhan janin itu sendiri.

Kandungan vitamin A yang terdapat pada susu kedelai akan membantu membangun sistem kekebalan tubuh ibu hamil, membantu meningkatkan volume darah sehingga bisa mencegah anemia, dan tentunya membantu pembentukan jaringan pada tubuh janin.

18.) Mencegah Kelelahan dan Kurang Energi

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang sering tidak diperhatikan adalah bahwa susu ini bisa membantu menghilangkan kelelahan dan kurang energi. Ibu hamil cepat lelah memang bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti duduk terlalu lama, berdiri terlalu lama, masih bekerja secara aktif, kurang nutrisi ibu hamil, kondisi perubahan hormon, dan lain sebagainya.

Susu kedelai ini memberikan nutrisi yang menyegarkan untuk tubuh. Cadangan energi yang hilang bisa segera digantikan dengan susu kedelai, karena susu ini mengandung karbohidrat yang sehat dan mencegah berbagai bahaya kelelahan pada ibu pada masa kehamilan.

19.) Mencegah Pendarahan Pasca Persalinan

Satu hal yang paling penting adalah resiko pendarahan pada masa kehamilan, karena sering menyebabkan keguguran. Kondisi seperti ini bisa terjadi kapan saja pada semua tahap kehamilan, dari trimester pertama sampai trimester ketiga.

Susu kedelai yang mengandung fitonutrisi, antioksidan alami, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 bisa membantu kesehatan lapisan pembuluh darah. Nutrisi ini juga akan melindungi sel darah dari serangan sel jahat yang bisa menyebabkan pendarahan. Dan efeknya juga bisa bertahan selama setelah persalinan.

20.) Mencegah Diabetes Gestasional

Bagi Anda yang belum tahu, Diabetes gestasional ini merupakan jenis diabetes yang terjadi pada masa kehamilan. Ini bisa terjadi pada ibu hamil yang belum pernah punya riwayat diabetes maupun yang memang sudah mengalami diabetes sejak sebelum hamil. Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan metabolisme untuk janin, sehingga janin mengalami obesitas.

Susu kedelai mengandung lemak sehat dengan kadar gula alami yang sangat rendah. Susu kedelai akan membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil dan mencegah bahaya diabetes saat hamil.

21.) Menjaga Pertumbuhan Rambut dan Kuku Untuk Janin

Selama masa kehamilan, semua organ janin memang akan tumbuh secara bertahap selama dalam rahim. Nutrisi yang didapatkan dari plasenta diserap dari tubuh ibu hamil secara langsung. Susu kedelai ini mengandung protein tinggi yang baik untuk membantu pembentukan jaringan kuku dan rambut janin, serta mendukung perkembangan jaringan organ vital pada janin.

22.) Menjaga Fungsi Otot, Syaraf, dan Jantung Ibu Hamil

Susu kedelai memiliki kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil, salah satunya adalah vitamin B1. Vitamin yang disebut dengan nama thiamin ini berperan sangat penting untuk meningkatkan pembangunan sistem syaraf dan otot pada janin, membantu jantung ibu bekerja dengan sehat, dan membantu tubuh ibu merubah sumber karbohidrat menjadi energi tubuh. Bahkan thamin sangat penting untuk menjaga agar otak janin berkembang dengan sempurna.

23.) Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Masalah sembelit ini memang bukan jadi masalah baru untuk ibu hamil. Tekanan perkembangan janin pada rahim akan menekan usus ibu hamil yang menyebabkan susas BAB dan perut melilit pada masa kehamilan.

Selain itu, masalah perubahan hormon yang akan membuat usus ibu hamil sulit untuk bekerja dengan baik, termasuk untuk usus besar. Susu kedelai mengandung tingkat kalori yang cukup yaitu sekitar 80 kalori untuk satu cangkir. Jumlah ini sudah dilengkapi dengan serat yang akan membuat ibu hamil tidak mudah kelaparan dan membantu melancarkan BAB pada ibu hamil.

24.) Mendukung Fungsi Kognitif Untuk Bayi

Membuat anak cerdas sejak dalam kandungan memang lebih baik dilakukan oleh ibu hamil. Dan ini adalah salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Kandungan asam lemak omega 3 dari susu kedelai bisa membantu jaringan sel dan syaraf otak janin lebih baik.

Ini juga akan mendorong fungsi kognitif bayi menjadi lebih maju. Termasuk untuk mengatasi masalah terlambat berjalan, terlambat bicara dan berbagai gangguan lain saat bayi masuk masa perkembangan.

25.) Menurunkan Resiko Cacat Lahir dan Kematian Bayi

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini sangat penting, karena susu kedelai termasuk ke dalam salah satu makanan yang bisa mencegah bayi dari kecacatan. Susu kedelai menjadi gizi tambahan yang bisa mencegah penyakit infeksi dan cacat lahir pada bayi.

Susu kedelai mengandung protein dan vitamin E bagi ibu hamil yang bisa bekerja untuk mendorong penyerapan nutrisi untuk ibu hamil. Manfaat vitamin E untuk ibu hamil sangat baik untuk menentukan pembangunan organ bayi selama dalam rahim.

Jumlah Konsumsi Susu Kedelai yang Aman untuk Ibu Hamil

Meskipun manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ada banyak, tapi konsumsi susu kedelai yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi ibu hamil dan janinnya itu sendiri, maka dari itu ibu hamil harus mengendalikan jumlah konsumsi susu kedelai.

Menurut penelitian, jumlah susu kedelai yang masih dalam tahap batas aman untuk ibu hamil adalah sekitar 4 cangkir sehari. Selain itu, susu kedelai untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengandung gula tambahan, bahan pengawet, maupun bahan perasa makanan.

Susu kedelai ternyata bisa menjadi alternatif susu untuk ibu hamil. Minuman ini sangat penting untuk mengelola kesehatan ibu hamil dan janin. Jangan ragu untuk minum susu kedelai tapi juga jangan berlebihan agar tidak terkena efek samping.

WhatsApp chat