Pada artikel kali ini perkenankanlah saya untuk membahas Resep Ampal Jagung. Sebenarnya apasih ampal jagung itu?terus gimanasih cara membuatnya, pasti penasarankan,makanya kalau gitu simaklah artikel berikut ini!

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan makanan kali ini. Makanan ini namanya Ampal Jagung atau kalau didaerah kalian ada yang menyebutnya dengan Bakwan Jagung. Ampal jagung/bakwan jagung ini sering sekali dibuat karena mdah dan tidak memerlukan waktu yang banyak, makanan ini biasanya disandingkan dengan teh kadang juga dengan kopi cocok sekali saat musim hujan. Ngomong-ngomong tentang jagung, saya ingin membahas sedikit tentang jagung simaklah berikut ini!

A. Pengertian Jagung

Resep Ampal Jagung

Jagung adalah makanan yang kaya akan karbohidrat atau bisa juga menjadi makanan pengganti gandum dan beras. Sudah banyak sekali orang Indonesia yang mengonsumsi jagung ini, eits jangan salah pengertian ya, maksutnya itu bukan hanya orang Indonesia saja yang mengonsumsi tetapi seluruh negara pasti pernah memakan sayur jagung ini. Sayur ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin, protein, dan masih banyak lainya.

B. Morfologi Jagung

1. Akar

Sistem perakaran tumbuhan jagung terdiri atas 4 macam akar, meliputi: akar utama, akar cabang, akar lateral, dan akar rambut. Sistem perakaran ini berguna untuk alat mengisap air dan garam-garam mineral yang berada di dalam tanah, mengeluarkan zat organik dan senyawa yang tidak diperlukan dan alat pernapasan. Akar tumbuhan jagung juga merupakan dalam akar serabut yang panjangnya bisa sampai kedalaman sekitar 8 M walaupun sebagian besar yang berada di kisaran 2 M. Untuk tumbuhan yang telah dewasa akan muncul akar adventif dari batang bagian bawah yang bisa membantu menyangga tegaknya tanaman.

2. Batang

Batang tumbuhan jagung tegak dan sangat mudah terlihat sama tanaman sorgum dan tebu, namun tidak sebagai padi atau gadum. Batang tanaman jagung bentuknya beruas-ruas dengan jumlah ruas yang beranekaragam antara 10-40 ruas. Tanaman jagung pada umumnya tidak bercabang. Panjang batang jagung biasanya berkisar mencapai sekitar 60-300 cm, tergantung pada jenis jagung. Batang jagung biasanya cukup kuat namun tidak banyak mengandung lignin.

3. Daun

Daun jagung terkandung daun sempurna dimana yang pada umumnya berbentuk memanjang, dan di antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Pada permukaan daun sebagian ada yang licin dan ada juga yang permukaan daunnya berambut. Setiap stoma dikelilingi sama sel-sel epidermis yang berbentuk kipas. Struktur ini berfungsi penting dalam merespon tanaman menanggapi defisit air pada sel-sel daun.

4. Bunga

Tumbuhan jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang telah terpisah (diklin) dalam satu tumbuhan atau pohon (monoecious). Setiap kuntum bunga mempunyai struktur khusus bunga dari suku Poaceae, yang disebut dengan floret. Bunga jantan berkembang di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga (inflorescence). Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. Bunga betinanya tersusun dalam tongkol yang berkembang di antara batang dan pelepah daun. Biasanya, satu tanaman cuma bisa menghasilkan satu tongkol produktif walaupun memiliki beberapa bunga.

5. Buah

Buah jagung sendiri terdiri dari tongkol, biji serta daun pembungkus. Biji jagung mempunyai bentuk, warna, juga kandungan endosperm yang bervariasi, bergantung pada jenisnya. Pada umumnya buah jagung mencakup semua barisan yang telah melekat secara lurus atau berbelok-belok dan mungkin bisa berjumlah sekitar 8-20 baris biji.

C. Jenis-Jenis Jagung

1. Jagung berondong

Memiliki karakteristik kulit luar yang keras, juga mempunyai sejumlah kecil pati lunak yang terbungkus. Biji jagung bisa meletus jika dipanaskan sebab mengembangnya uap air dalam biji. Volume pembesaranya bervariasi (tergantung pada varietasnya), dapat memperoleh 15—30 kali dari besar semula. Varietas ini ditujukan untuk dikonsumsi manusia, tetapi tingkat panennya lebih sedikit daripada jagung jenis lainnya.

2. Jagung manis

Jagung manis rasanya segar dan manis saat dimakan. Ini adalah jagung yang dipanen saat kondisi tidak benar-benar matang, karena konversi gula menjadi pati belum sempat terjadi.

3.Jagung ketan (waxy corn)

Jagung jenis ini lebih banyak dimanfaatkan untuk pakan ternak atau untuk pengental makanan. Selagi itu jagung biasa mengandung ± 70 persen amylopectine dan 30 persen amylose.

4.Jagung mutiara (flint corn)

Jenis jagung yang sangat banyak ditanam oleh petani di Jawa ini memiliki bentuk bulat, licin, mengkilap, dan keras sebab bagian pati yang keras berada di bagian atas dari biji.

Baca Juga: Resep Bakwan Jagung Manis Sederhana dan Lezat!

D. Manfaat Jagung Bagi Tubuh

1. Tinggi Karbohidrat, Berguna Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat merupakan salah satu faktor utama sebagai sumber energi harian. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat kamu dapat mengonsumsi jagung. Jagung memiliki kandungan karbihidrat yang cukup tinggi. Kira-kira sekitar 10 – 15% karbohidrat terkandung dalam satu batang jagung, jumlahnya berbeda-beda tergantung dengan macam jenis jagung.

Macam-macam karbohidrat yang terdapat di dalam jagung adalah karbohidrat kompleks sehingga bisa memberikan rasa yang membuat kita kenyang lebih lama. Selain itu, saat mengonsumsi jagung, energi yang dihasilkan pun cenderung lebih kuat.

2. Kandungan Serat Di Dalamnya Baik Untuk Pencernaan

Tidak hanya tinggi karbohidrat, jagung juga banyak akan kandungan serat. Di dalam jagung terdapat dua macam jenis serat, yakni serat larut dan tidak larut. Kandungan tersebut sangat baik buat menjaga kesehatan pencernaan. Serat larut yang berada pada jagung mampu menutup penyerapan kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi jagung juga bisa melancarkan buang air besar, mencegah masalah sembelit, wasir, sampai mengurangi resiko penyakit kanker usus.

3. Kaya Protein Untuk Pembentukan Tulang Dan Otot

Pembentukan otot dan tulang yang kuat sangat diakibatkan oleh asupan protein. Jagung pun merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein. Selain itu, jagung juga mengandung mineral semacam magnesium, zat besi, dan fosfor.

Semua kandungan tadi sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya kebutuhan protein dan ketiga zat tadi sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan serta tulang retak saat tua nanti.

4. Vitamin Pada Jagung Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol LDL

Jagung memiliki kandungan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Tiga kandungan itu sangat berguna untuk melindungi kesehatan jantung. Mengonsumsi jagung secara teratur bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya itu, di dalam jagung terdapat kandungan yang berguna untuk mengurangi kolesterol yang berada di dalam tubuh.

5. Jagung Memiliki Sifat Antikanker

Kanker merupakan salah satu menyakit yang mematikan. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang sehat dan mempunyai sifat antikanker seperti jagung. Beberapa penelitian membuktikan hingga kandungan antioksidan yang berada di dalam jangung dapat berguna untuk melawan kanker.

Tidak hanya itu, jagung juga merupakan sumber senyawa fenolik. Senyawa tersebut begitu efektif untuk mencegah tumor pada payudara serta hati. Konsumsi jagung secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa mencoba mengonsumsi jagung rebus dengan dicampur susu untuk camilan yang enak dan sehat.

E. Kandungan Gizi Dalam Jagung

Jagung adalah tanaman yang mengandung banyak kandungan nutrisi baik. Pada biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan sehingga banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Biji jagung banyak akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat bisa mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Bentuk pati yang akan kaya karbohidrat pada umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Untuk jagung ketan,patinya sebagian besar atau semuanya adalah amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berakibat pada kandungan gizi, namun lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Amilopektin mengandung lebih sedikit pada jagung manis namun mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

F. Gandum

Gandum merupakan tanaman rumput yang dibudidayakan untuk diambil bijinya yaitu biji gandum yang mengandung banyak protein dan karbohidrat yang tinggi. Biji gandum ini merupakan salah satu makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi di dunia ini setelah beras. Pada umumnya biji gandum berbentuk oval dengan ukuran panjang sekitar 6mm sampai 8mm dengan diameter 2mm sampai 3mm.

G. Manfaat Gandum

1. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat gandum dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

gandum utuh dipercayai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cara mencegah penyerapan LDL (low density cholesterol) atau kadang dikenal juga dengan kolesterol jahat. Selain itu, mengkonsumsi gandum utuh juga dipercaya bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Selain bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, manfaat lain gandum adalah bisa mengurangi menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekelompok pria yang mau mengonsumsi lebih dari tujuh porsi sereal gandum utuh per minggu memiliki risiko 19% lebih rendah terkena hipertensi dibanding mereka yang hanya mengonsumsi satu atau kurang.

3. Mengontrol gula darah

Hal ini dinyatakan kebanyakan gandum memiliki kandungan serat yang tinggi dan bisa mengendalikan berat badan serta bisa mencegah obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas adalah salah satu faktor risiko utama dari diabetes.

Tidak hanya itu, kadar magnesium yang banyak terkandung didalam gandum utuh pun dipercaya bisa membantu metabolisme karbohidrat yang terikat dengan sensitivitas insulin.

Setelah kita sudah mengulas sedikit tentang jagung maka langkah selanjutnya kita akan membahas resep ampal jagung/bakwan jagung.Sebelum ke resep ampal jagung kali ini saya mau ngasih tau ke kalian bahwa sebelum membuat ampal jagung pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan biji dari batangnya,kita bisa memisahkan biji dengan batangnya menggunakan alat  mesin perontok jagung, dengan menggunakan alat tersebut kalian akan dengan mudahnya memisahkan biji dari batangnya.

 Resep-Resep Ampal Jagung 

1. Resep Ampal Jagung

Resep Ampal Jagung

Bahan:

  • 5 Sendok makan tepung terigu
  • 3 Buah jagung manis disisir
  • 3 Batang daun seledri dirajang halus
  • 3 Butir bawang merah dicincang halus
  • 2 Siung bawang putih dicincang halus
  • 1 Batang wortel kecil dicincang halus
  • 1 Batang daun bawang dirajang halus
  • 1 Sendok makan tepung beras
  • 1 Butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat bakwan jagung sederhana:

  1. Campur semua bahan, setelah itu tuangi air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  2. Bumbui adonan bakwan jagung menggunakan garam dan gula sesuai selera.
  3. Ambil 1 sendok makan adonan, kemudian goreng di dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan.

2. Resep Ampal Jagung Crispy

  • 5 Sendok makan tepung terigu
  • 3 Buah jagung manis disisir
  • 3 Batang daun seledri dirajang halus
  • 1 Batang daun bawang dirajang halus
  • 1 Sendok makan tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 3 Butir bawang merah
  • 2 Siung bawang putih

Cara membuat bakwan jagung crispy:

  1. Uleg kasar jagung sisir. Dapat juga diproses menggunakan chopper dengan hasil yang masih sedikit kasar.
  2. Campur jagung dengan seluruh bahan lainnya, setelah itu tuangi air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  3. Bumbui adonan bakwan jagung menggunakan garam dan gula sesuai selera.
  4. Ambil sesendok makan adonan, setelah itu tuang melebar di pinggiran wajan yang telah diisi minyak panas. Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan.
  5. Setelah matang bisa disajikan.

3. Resep Ampal Jagung Renyah 

Bahan:

  • 5 Sendok makan tepung terigu
  • 3 Buah jagung manis disisir
  • 3 Batang daun seledri dirajang halus
  • 3 Butir bawang merah dicincang halus
  • 2 Siung bawang putih dicincang halus
  • 1 Batang wortel kecil dicincang halus
  • 1 Batang daun bawang dirajang halus
  • 1 Sendok makan tepung beras
  • 1 Butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak Goreng secukupnya
  • Cara Membuat
  • Campur seluryh bahan, setelah itu tuangi air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  • Bumbui adonan bakwan jagung menggunakan garam dan gula sesuai selera
  • Ambil 1 sendok makan adonan, setelah itu goreng di dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan.

4. Ampal Jagung Spesial

Bahan Resep:

  • 3 Buah jagung manis
  • 3 Sdm tepung beras
  • 1 Butir telur
  • 75 Gram wortel, potong kecil
  • 1 Batang daun bawang, iris halus
  • 1 Batang seledri, iris tipis
  • 50 Gram terigu
  • 1 Sdt Garam
  • 1/2 Sdt merica bubuk
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bawang putih – 4 siung (bumbu halus)
  • Bawang merah – 3 butir (bumbu halus)
  • Ketumbar – 1 sdt bumbu halus)

Petunjuk Resep:

  1. Bersihkan jagung dari kulitnya kemudian di cuci bersih, setelah itu sisir menggunakan pisau, dan letakkan di baskom.
  2. Dalam satu wadah baskom tadi, jagung dicampurkan, wortel, daun bawang, seledri, garam, merica dan bumbu halus tidak terkecuali bawang putih 4 siung, bawang merah 3 butir ketumbar sesuai selera.
  3. Untuk membikin adonan, langsung dimasukkan terigu, tepung beras dan telur, kemudian aduklah hingga benar-benar merata. Jika terlalu kental segera tambahkan air, sedangkan jika terlalu encer bisa ditambahkan terigu.
  4. Untuk menggoreng adonan, ambilah sedikit menggunakan sendok makan atau sesuai ukuran yang diinginkan. Gorenglah didalam minyak panas sampai matang atau sudah berwarna kecoklatan, setelah itu jika sudah matang akan dan tiriskan,
  5. kemudian sajikan bersama cabai rawit atau yang lainnya.

5. Resep Ampal Jagung Ebi

Bahan-Bahan:

  • 250 gram jagung manis pipil
  • 1 butir telur
  • 100 gram jagung manis serut
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • 75 gram tepung terigu
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 2 buah cabai rawit hijau iris
  • minyak untuk menggoreng
  • Bumbu yang Dihaluskan
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 2 sendok teh ebi sangrai

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah seperti baskom menggunakan ukuran yang cukup lebar supaya lebih mudah bikin adonan.
  2. Setelah itu masukkan kedalamnya, jagung manis pipil bersama dengan jagung manis serut dan juga telur, ebi, tepung
  3. tergu, tepung sagu, merica bubuk, cabai rawit hijau, daun bawang, dan bumbu halus juga telur. Aduk-aduk bahan ini secara merata.
  4. Siapkan wajan diatas kompor dan jangan gunakan api kecil atau besar tapi gunakanlah api yang sedang. Tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggulah hingga minyak panas.
  5. Sesudah panas, ambilah satu sendok adonan bakwan jagung dan masukkan kedalam minyak goreng yang telah panas secara merata.
  6. Pipihkan adonan didalam wajan dan masak sampai adonan berwarna keemasan juga kering. Setelah itu, balikkan dan angkat jika sudah matang.

Demikianlah penjelasan tentang artikel Resep Ampal Jagung. Semoga penjelasan-penjelasan yang diberikan dapat dipahami dengan baik, selamat mencoba dan semoga bermanfaat,bila ada salah dan kurang dalam penjelasan ini saya mohon maaf.

 

 

 

 

 

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •