Home » Artikel » Artikel Proses » Anjrit….! Ini Rahasia Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon Yang Gurih dan Lezat

Anjrit….! Ini Rahasia Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon Yang Gurih dan Lezat

Cara Membuat Tahu Gejrot – Indonesia memang seakan tak pernah kehabisan dengan kekayaan kulinernya. Menggunakan bahan yang simpel sekalipun selalu menghadirkan kreasi makanan yang lezat dan kaya akan citarasa.

Pada artikel kali ini kami akan ulas salah satu makanan yang melegenda dari generasi ke generasi. Bahan utama yang digunakan pun sudah sangat familiar di kalangan masyarakat, yaitu Tahu.

Kreasi tahu yang satu ini terus ditemurunkan menjadi salah satu kuliner kebanggaan Nusantara. Cukup bermodalkan kuah dan bumbu sederhana yang khas, sudah memperkaya rasa dari tahu ini.

cara membuat tahu gejrot

Tahu Gejrot merupakan jajanan khas kota Cirebon yang sudah tersebar kemana-mana, bahkan negara tetangga juga banyak yang menyukai tahu gejrot Indonesia.

Bagi yang sudah pernah mencicipi, biasanya akan ketagihan dengan paduan cita rasa uniknya yang asam, manis, dan pedas sekaligus.

Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, gula.

Tahu gejrot juga merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas.

Tahu gejrot menjadi bertambah unik ketika penyajiannya dengan menggunakan piring kecil dari tembikar, jadi kesan tradisional makin menonjol. Apalagi, menyantapnya tidak membutuhkan sendok.

Cukup dengan lidi kecil atau tusuk gigi untuk mengangkat potongan tahu yang disirami air gula merah berbumbu ini.

Faktor kesuksesan perambahan tahu gejrot bisa dipastikan karena banyak peminat, gampang dibuat, serta bahan baku yang mudah didapat.

Anda pasti merasakan sensasi tersendiri ketika menyantap tahu gejrot. Apalagi disaat selesai mengadakan acara di rumah, mendengar suara tukang tahu gejrot lewat seakan memikat. Hanya perlu melayangkan beberapa ribu rupiah kamu sudah bisa mendapatkannya.

Tapi daripada harus membeli diluar, tidak ada salahnya kalau sekali-kali Anda membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat tahu gejrot sangat mudah, dengan bahan-bahan yang tersedia dipasaran menjadikan makanan lezat yang satu ini sangat praktis untuk dibuat.

Cara Membuat Tahu Gejrot

Bahan-bahan

  • 20 buah tahu sumedang asli
  • kecap manis sesuai selera
  • air asam jawa asli 4 sendok makan
  • 1 buah gula jawa asli berukuran sedang kemudian iris halus
  • 1 gelas belimbing air matang
  • minyak baru untuk menggoreng

Bumbu Tahu Gejrot

  • 4 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah atau sesuai selera
  • 6 buah cabai rawit atau sesuai selera

Cara Membuat Tahu Gejrot

  1. Cara membuat tahu gejrot yang pertama, siapkan wadah bersih yang berukuruan besar, kemudian masukkan air matang yang sudah disiapkan, lalu tambah dengan garam dapur secukupnya dan aduk rata sampai garamnya larut.
  2. Masukkan tahu sumedang ke dalam air garam, rendam kurang lebih selama 30 menit. Kalau sudah, tiriskan.
  3. Siapkan wajan anti lengket dan tuang minyak untuk menggoreng tahu dan nyalakan api sampai minyaknya panas maksimal.
  4. Goreng tahu sumedang yang sudah direndam sampai berwarna kuning keemasan.
  5. Kalau tahu sudah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Langkah selanjutnya adalah pembuatan bumbunya, cara cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan panci, lalu masukkan 1 gelas air matang, kemudian tambahkan air asam jawa yang sudah disiapkan dan gula jawa asli yang sudah diiris tipis-tipis.
  7. Masak dengan api kecil sampai mendidih sambil terus diaduk, kemudian matikan kompor dan sisihkan.
  8. Sambil menunggu rebusan air gula jawanya dingin, Anda bisa menghaluskan semua bumbu tahu gejrot sampai halus dan tercampur dengan rata.
  9. Kemudian ambil beberapa buah tahu sumedang yang sudah digoreng dan dipotong-potong, lalu beri bumbu halus sedikit kemudian siram dengan saus rebusan gula dan asam jawa yang sudah didinginkan.
  10. Tahu gejrot buatan Anda siap untuk dinikmati.


Cara Membuat Tahu Sendiri dengan Mudah dan Praktis

Kalau sebelumnya kita bahas bagaimana cara membuat tahu gejrot, kali ini kita akan bagikan bagaimana cara membuat tahu dari awal.

Kalau Anda suka memasak tahu, tentunya masakan Anda akan jauh lebih terasa enak dan nikmat jika membuat dan memproduksi tahu sendiri di rumah. Selain itu, tahu buatan sendiri tentunya masih segar dan harum.

Selain cara membuat tahu gejrot, proses pembuatan tahu ini juga cukup mudah dan murah, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar. Berikut caranya.

Cara #1

Bahan Susu kedelai

  • 2 gelas kacang kedelai
  • 4 ltr air

Bahan Tahu

  • 3 gelas susu kedelai
  • 1/2 sdt nigari atau zat pengental
  • Minyak sayur

Cara Membuat Tahu

  1. Cara membuat tahu gejrot yang pertama tentunya kita buat bahan utama tahunya dulu, yaitu susu kedelai. Caranya dengan merendam kacang kedelainya semalaman.
    Masukkan kacang kedelai dalam mangkuk atau wadah bersih, lalu rendam dengan air sampai penuh. Jumlah airnya harus selalu tiga kali lipat lebih banyak dari kacang kedelainya.
  2. Jadi, kalau Anda mau menambah jumlah kacang kedelainya, jangan lupa untuk menambahkan takaran airnya tiga kali lipat dari jumlah kacang kedelai.
  3. Kalau kacang kedelainya sudah terasa lunak setelah direndam semalaman, kemudian saring airnya, lalu pindahkan kacang kedelai ke wadah lain.
  4. Didihkan 4 liter air bersih. Gunakan panci yang cukup untuk kacang kedelai dan air yang Anda gunakan.
    Selagi menunggu airnya mendidih, Anda bisa menghaluskan kacang kedelainya dengan cara diblender selama 3-4 menit sampai benar-benar halus.
  5. Setelah halus, masak kacang kedelainya sebanyak 8 ons di dalam air mendidih. Kecilkan apinya menjadi sedang dan masak selama kurang lebih 15 menit sambil terus diaduk.
  6. Ketika adonannya sudah mulai mendidih lagi, masukkan 2-3 tetes minyak sayur supaya adonannya tidak mendidih, lalu masak sampai 10 menit lagi. Setelah matang, tiriskan susu kedelai yang sudah jadi.
  7. Selanjutnya itu mencetak tahu. Agar lebih mudah dan praktis dalam proses pencetakannya, Anda bisa menggunakan mesin pembuat tahu.
  8. Mesin ini akan membantu Anda dalam mencetak atau memotong tahu dengan lebih efisien, jadi proses produksi tahu akan lebih mudah dan cepat, serta bisa meningkatkan kualitas dan pendapatan usaha Anda.
  9. Tapi bagi yang belum memiliki mesin pembuat tahu tidak perlu khawatir, Anda masih bisa melakukannya dengan cara tradisional.
  10. Caranya itu dengan menggunakan loyang atau cetakan yang memiliki lubang di bagian bawah dan dilapisi dengan kain kasa atau kain katun yang berukuran sekitar empat kali dari cetakannya.
  11. Masukkan susu kedelainya ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil.
  12. Kemudian siapkan zat pengentalnya, caranya masukkan segelas air bersih dan 1/2 sendok teh nigari ke dalam mangkuk dan campur sampai larut.
  13. Masukkan setengah campuran zat pengentalnya ke dalam panci sambil diaduk terus-menerus. Kalau sudah 5 menit, masukkan lagi setengah campuran zat pengental yang masih tersisa, lalu aduk lagi.
  14. Tutup pancinya dan biarkan adonan tahunya panas selama 15 menit. Adonannya akan mulai mengental, dan tahunya akan mulai terpisah dari dadih cair.
  15. Kalau tahunya sudah mulai terpisah dari dadih cair berwarna kuning, segera pindahkan tahunya.
  16. Untuk memindahkan tahunya, Anda bisa menggunakan sendok kayu untuk mengangkat tahu dari panci, lalu masukkan tahunya ke dalam mesin pembuat tahu atau cetakan tahu yang sudah Anda siapkan.
  17. Langkah terakhir yaitu mendinginkan tahunya. Siapkan wadah berisi air dingin. Masukkan cetakan atau loyang tahunya di dalam wadah itu.
  18. Kemudian kalau sudah dingin, keluarkan tahunya dari cetakan, dan tahu siap untuk dimasak.

Cara #2

Bahan-bahan

  • 2 gelas kacang kedelai
  • 6 gelas + 4 liter air
  • 3 gelas susu kedelai
  • 1/2 sendok teh nigari (zat pengental)
  • Beberapa tetes minyak sayur

Cara Membuat Tahu

  1. Pertama, siapkan 2 gelas kacang kedelai, lalu masukkan ke dalam mangkuk dan rendam dengan 6 gelas air. Jumlah airnya harus selalu 3 kali lipat dari kacang kedelainya. Jadi, kalau Anda mau menambah jumlah kacang kedelainya, jangan lupa untuk menambahkan takaran airnya tiga kali lipat lagi.
  2. Kalau kacang kedelainya sudah terasa lunak, kemudian saring airnya, dan pindahkan kacang kedelainya ke dalam mangkuk atau wadah bersih lainnya.
  3. Didihkan 4 liter air di dalam panci.
  4. Sambil menunggu airnya mendidih, Anda bisa menghaluskan kacang kedelainya dengan cara diblender selama 3-4 menit sampai benar-benar halus.
  5. Ambil 8 ons kacang kedelai yang sudah dihaluskan tadi dan masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih.
  6. Kecilkan apinya dan masak selama 15 menit sambil terus diaduk.
  7. Ketika sudah mulai mendidih lagi, masukkan 2-3 tetes minyak sayur supaya adonannya tidak mendidih algi. Terus masak selama 7-10 menit.
  8. Siapkan saringan berlapis kain kasa diatas mangkuk besar. Kemudian tuangkan campuran kacang kedelainya melalui saringan ke mangkuk, proses ini akan memisahkan susunya dari gumpalan yang tidak cair.
  9. Kemudian tutup adonannya dengan kain kasa, lalu peras agar susunya bisa keluar sebanyak mungkin. Sekarang Anda sudah mendapatkan susu kedelainya dan siap membuat tahu.
  10. Proses selanjutnya adalah pembuatan tahu. Siapkan loyang atau cetakan yang memiliki lubang di bagian bawah, lalu lapisi dengan kain kasa yang berukuran sekitar 4 kali dari loyang atau cetakannya.
    Kalau tidak ada kain kasa, Anda bisa menggunakan kain katun yang bersih.
  11. Masukkan susu kedelai yang sudah didapat tadi ke dalam panci, lalu panaskan dengan api kecil, tapi jangan sampai mendidih.
  12. Masukkan satu gelas air dan 1/2 sendok teh nigari atau gips ke dalam mangkuk yang bersih, campur sampai larut untuk membuat zat pengental.
  13. Masukkan setengah campuran zat pengentalnya ke dalam panci, lalu aduk terus-menerus selama 5 menit. Setelah itu masukkan lagi setengah campuran zat pengental yang tersisa, lalu aduk lagi.
  14. Tutup pancinya, dan biarkan adonannya panas selama 15 menit. Nanti adonan akan mulai mengental dan tahunya akan mulai terpisah dari dadih cair.
  15. Kalau tahunya sudah mulai terpisah dari dadih cair berwarna kuning, segera pindahkan tahunya.
  16. Anda bisa menggunakan sendok kayu untuk mengangkat tahunya dari panci, lalu masukkan tahunya ke dalam loyang atau cetakan tahu yang sudah Anda siapkan.
  17. Tepuk bagian permukaannya agar dan mulus. Tutup bagian atasnya dengan bagian kain yang masih tersisa, tutup loyang atau cetakannya, lalu letakkan di atas sebuah wadah berisi air, dan diamkan cetakannya selama 20 menit untuk mengeringkan tahunya.
  18. Siapkan mangkok berisi air dingin. Masukkan cetakan atau loyang tahunya di dalam mangkuk tadi. Kemudian kalau sudah dingin keluarkan tahunya dari loyang atau cetakan, dan Anda akan mendapatkan tahu yang siap dimasak.

Cara Memilih dan Menyimpan Tahu Yang Baik dan Benar

Makanan olahan berbahan dasar kacang kedelai ini memiliki tekstur yang lembut dan bisa dengan mudah dijodohkan dengan bahan makanan lainnya.

Memilih dan menyimpan tahu pun penting untuk kita ketahui untuk bisa menghasilkan citarasa masakan tahu yang sempurna.

Cara Menyimpan Tahu

Penyimpanan tahu ini pada dasarnya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

Cara pertama adalah dengan merendamnya di dalam air sampai seluruh bagian tahunya terendam. Karena dengan cara ini bisa menghindari tumbuhnya jamur atau tahu menjadi kering.
Bisa juga disimpan di dalam kulkas, tapi biasanya cara ini tahu hanya bisa bertahan dua hari saja.

Cara kedua, untuk penyimpanan lebih lama sebaiknya tahu direbus atau dikukus. Selanjutnya tahu bisa disimpan dalam wadah tertutup dan simpan di dalam lemari pendingin.

Bisa juga setelah direbus atau dikukus, tahunya direndam dalam air dan disimpan, tapi air rendaman harus selalu diganti setiap hari. Dengan cara ini, tahu bisa bertahan 5-7 hari.

Cara Memilih Tahu

Selain menyimpan tahu, cara memilih tahu ini juga penting untuk kita ketahui, karena tahu dengan kualitas yang baik akan menghasilkan makanan olahan yang berkualitas juga.

Ada beberapa faktor dalam memilih tahu yang berkualitas baik, yaitu sebagai berikut:

  • Mencium aromanya. Dengan cara mencium aroma tahu yang khas dan segar bisa dipastikan tahu masih baik untuk dikonsumsi.
    Jangan dibeli kalau aroma tahu sudah mulai beraroma asam. Untuk masakan tahu goreng berbentuk segi tiga, pastikan aromanya juga masih segar dan tidak tengik.
  • Tidak berlendir. Anda jangan ragu ketika di pasar untuk memastikan tahu yang Anda beli masih baik dan segar dengan cara memegangnya. Tahu yang berlendir dan licin sebaiknya dihindari.
    Pilihlah tahu yang masih mempunyai tekstur yang tidak licin ataupun berlendir.
  • Sesuaikan tekstur. Pastikan untuk menekan tahu yang akan dibelu. Sesuaikan dengan tekstur dari jenis tahu yang akan digunakan. Tekstur tahu lembut atau kenyal harus sesuai dengan ciri tahu yang ada.
  • Perhatikan warna. Warna tahu yang ada dipasaran pada umumnya ada dua, yaitu tahu putih dan tahu kuning.
    Tahu putih memiliki rasa tawar, sedangkan tahu kuning biasanya sudah diberi garam dan memiliki rasa yang lebih gurih.
    Warna tahu putih yang baik terlihat segar tanpa ada bercak kecoklatan, sedangkan tahu kuning memiliki warna kuning yang cerah, karena warna kuning pada tahu biasanya menggunakan kunyit.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Bagi Anda yang suka dengan tahu bisa sesekali untuk mencoba membuat tahu gejrot buatan Anda sendiri. Selamat mencoba dan terima kasih.

By |2017-11-15T15:49:56+00:00Mei 31st, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Anjrit….! Ini Rahasia Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon Yang Gurih dan Lezat

About the Author:

WhatsApp chat