Home » Artikel » Artikel Proses » 7 Ide Usaha BUMDes Yang Powerfull Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa

7 Ide Usaha BUMDes Yang Powerfull Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa

BUMDes, Apa Itu BUMDes?

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan kita tentang “ Ide Usaha BUMDes ”, kita cari tahu terlebih dahulu “Apa itu BUMDes?”.

BUMDes sendiri merupakan kepanjangan dari Badan Usaha Milik Desa, yang mana dalam Permendesa No. 4 Tahun 2015 menyebutkan bahwa.

“BUMDes, adalah Badan Usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari Kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.”

Jadi bisa artikan BUMDes adalah sebuah badan usaha yang dibentuk dengan tujuan akhir untuk mensejahterakan Masyarakat Desa.

Ide Usaha BUMDes - Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa BUMDes Ranggi Asam Dari Kepulauan Bangka Belitung

Gambar Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa BUMDes Ranggi Asam Dari Kepulauan Bangka Belitung Bersama CV. Rumah Mesin

Untuk itu dibawah ini akan kita uraikan beberapa “Ide Usaha BUMDes” namun sebelum itu kita bahas dulu beberapa Bidang Usaha BUMDes secara umum.

 

Bidang Usaha BUMDes

1. Bidang Pelayanan ( Service Area )

BUMDes menjalankan ”bisnis sosial” yang melayani warga, yaitu bisa melakukan pelayanan publik kepada masyarakat Desa pada umumnya. Dengan kata lain, BUMDes ini memberikan keuntungan sosial bagi warga desa, walaupun tidak memperoleh keuntungan materil yang besar.

Contoh Ide Usaha BUMDes dalam bidang Service Area yaitu Usaha Air Minum Desa. Baik itu pengelolaan air bersih maupun pengelolaan air minum (hasil pemurnian), usaha listrik desa, lumbung pangan, dan lain sebagainya.

 

Ide Usaha Bumdes - Service Area.png

 

2. Bidang Keuangan ( Finance Area )

BUMDes menjalankan”bisnis keuangan”, yang dapat memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat desa dengan bunga pinjaman usaha yang lebih rendah ataupun tanpa bunga. Yang mana sering didapatkan masyarakat desa dari para rentenir desa atau bank-bank konvensional pada umunya.

Contoh Ide Usaha BUMDes dibidang keuangan yakni : Bank Desa atau Koperasi serta Lembaga Keuangan Desa yang memberikan pinjaman usaha kepada Masyarakat Desa dengan bunga rendah bahkan tanpa bunga.

Ide Usaha Bumdes - Finance Area

 

3. Bidang Penyewaan ( Rent Area )

BUMDes menjalankan usaha Bidang Penyewaan dengan tujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat dan sekaligus untuk memperoleh pendapatan desa. Kegiatan usaha di bidang Ini sudah lama berjalan di banyak sekali desa, terutama desa-desa yang berada di Pulau Jawa.

Contoh Ide Usaha BUMDes bidang Penyewaan yakni : Penyewaan Peralatan Pertanian, Penyewaan Peralatan Peternakan, Perkakas Pesta, Gedung, Rumah, Tanah, Dan Lain Sebagainya.

Ide Usaha Bumdes - Rent Area

 

4. Bidang Perantara ( Brokering Area )

BUMDes bisa juga menjadi “lembaga perantara” yang menghubungkan antara hasil dari produktivitas Masyarakat Desa dengan pasar luas.

Atau bisa juga BUMDes menjual jasa pelayanan kepada Masyarakat Desa ataupun unit-unit usaha dari masyarakat Desa.

Contoh Ide Usaha BUMDes dibidang Brokering adalah seperti : Jasa pembayaran listrik, PAM, Telp, Jasa Pembayaraan Pajak Kendaraan Bermotor dan lain sebagainya. BUMDes bisa juga mendirikan pasar desa untuk memasarkan atau memperkenalkan produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh masyarakat Desa.

Ide Usaha Bumdes - Brokering

 

5. Bidang Perdagangan ( Trade Area )

BUMDes dapat menjalankan bisnis perdagangan dengan menjual hasil produksi Masyarakat Desa atau barang-barang tertentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa. Atau pun bisa juga memasarkan produk tersebut pada pasar dengan sekala pasar yang lebih luas.

Contoh Ide Usaha BUMDes dibidang Perdagangan antara lain : Sentra Hasil Bumi Desa, Sentra Kerajinan Desa, Sentra Makanan Olahan Desa, dan lain sebagainya.

Ide Usaha Bumdes - Trade Area

 

6. Induk Usaha ( Holding Company )

BUMDes sebagai ”usaha bersama”, atau sebagai Induk Usaha dari unit-unit usaha yang ada di desa. Yang mana tiap-tiap unit berdiri sendiri, namuan diatur dan ditata kelolanya berinduk pada BUMDes agar dapat bertumbuh dan berkembang bersama.

 

Ide Usaha Bumdes - Holding Company

 

7 Ide Usaha BUMDes Yang Powerfull Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa

Salah satu Ide Usaha BUMDes yang Insyaallah paling efektif dalam meningkatkan serta mengembangkan BUMDes adalah dengan membangun sebuah sentralisasi ekonomi Desa.

Sebagai contoh, membangun sebuah sentra perdagangan yang dapat mengakomodasi hasil produktivitas warga Desa.

Dengan begitu Masyarakat Desa tidak akan lagi ditindas oleh para tengkulak, yang mana sering membeli hasil bumi Masyarakat Desa dengan harga rendah.

Selain itu, Sentralisasi Ekonomi Desa juga dapat menghasilkan produk unggulan baru dari hasil pengolahan hasil bumi masyarakat Desa dengan memanfaatkan Teknologi Tepat Guna.

Salah satu contohnya Antara Lain :

1. Pengolahan Hasil Pertanian

Pengolahan Hasil Pertanian Masyarakat Desa seperti padi menjadi produk beras dengan kualitas yang bagus serta pengemasan yang baik sehingga banyak dicari oleh pasar luas.

 

2. Pengolahan Hasil Bumi

Pengolahan Hasil Bumi menjadi produk makanan, pakaian, kerajinan dengan kualitas serta pengemasan yang siap untuk pasar Ekspor.

 

3. Pengolahan Sampah

Pengolahan Sampah Organik maupun Non-Organik menjadi produk yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang lebih. Seperti pupuk ataupun cacahan plastik yang siap untuk daur ulang.

 

4. Membentuk Kelompok Industri Pengolahan Buah Maupun Sayur

Pengolahan Buah Maupun Sayur hasil dari masyarakat Desa menjadi produk yang memiliki nilai lebih dan dapat menarik minat calon konsumen.

 

5. Membentuk Kelompok Peternak Desa

Membentuk Kelompok Peternak Desa serta memberikan ilmu dan metode beternak yang baik dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.

 

6. Mengelola Lingkungan

Pengelolaan Lingkungan Desa yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata, kampung industri, kampung edukasi, kampung ekonomi, ataupun kampung kampung jenis lainnya. Yang dapat menghasilkan nilai materil yang lebih serta menjadikan contoh yang baik bagi desa desa lainnya.

 

7. Mendirikan Marketplace Digital Dengan mengikuti Zaman Dan Selalu Berinovasi

Dan pastinya adalah dengan memanfaatkan perkembangan zaman, yakni dengan menerapkan teknik Marketing Digital disemua lini usaha BUMDes. Serta jangan berhenti dalam berinovasi, karena Inovasi merupakan salah satu kunci sebuah usaha dapat bertahan lama sekaligus berkembang.

 

Itu tadi, merupakan sedikit Ide Usaha BUMDes yang sangat cocok diterapkan di BUMDes dalam proses mengembangkan serta menggerakkan ekonomi sebuah Desa.

Semua hasil bumi dari Desa manapun, Insyaallah jika dekelola serta diproses dengan sistem serta cara yang benar ditambah lagi tersedianya teknologi yang memadai. Sehingga dapat menghasilkan produk unggulan desa yang Insyaallah dapat meningkatkan perekonomian Desa dan Masyarakatnya.

Untuk itu dibentuknya BUMDes di suatu Desa dengan pengelolaan serta sistem yang benar dapat mengembangkan Desa tersebut.

By |2018-02-23T15:03:54+00:00Februari 23rd, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 7 Ide Usaha BUMDes Yang Powerfull Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa

About the Author:

WhatsApp chat